Membuat Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
tidak praktis menciptakan soal berpikir tingkat tinggi |
Cetakan (Template) untuk Membuat Soal yangMenguji Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Tidak praktis menciptakan soal-soal yang menuntut keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills – HOTS). Padahal soal-soal semacam ini harus dikembangkan oleh guru dengan baik dan diterapkan di kelas yang diampunya. Saat ini, di Indonesia, siswa-siswa kita masih lemah dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi ini. Salah satu penyebabnya sebab guru belum biasa menunjukkan soal-soal semacam ini kepada mereka. Guru sendiripun harus mempunyai keterampilan berpikir tingkat tinggi untuk menciptakan soal-soal macam ini. Pada goresan pena kali ini, saya akan mencoba menunjukkan sebuah cetakan (template) untuk menciptakan bermacam-macam soal-soal yang menantang sebab mengedepankan penggunaan keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Sebagai catatan: soal yang bagaimanapun bentuknya atau bagaimanapun sulitnya akan turun tingkatannya ketika isu perihal balasan pertanyaan itu telah dipaparkan di kelas dikala pembelajaran atau telah tersedia di buku teks. Soal yang meminta penerapan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) itu selalu memakai hal-hal gres dan belum pernah “disentuh” secara pribadi pada buku teks atau pembelajaran.
Mengingat (Ingatan/recall)
Contoh cetakan (template) soal:- Kapan terjadi .........?
- Sebutkan .......!
- Apa yang dimaksud dengan .......?
- Apa pengertian dari .......?
- Siapakah ....?
Analisis
Contoh cetakan (template) soal:- Bagaimanakah cara kerja .........?
- Apa makna dari simbol .......?
- Apa makna lambang .......?
- Perhatikan tabel .............., buatlah analisis dari .......!
- Perhatikan grafik .............., buatlah analisis dari .......!
- Perhatikan gambar .............., buatlah analisis dari .......!
- Perhatikan diagram .............., buatlah analisis dari .......!
- Apa saja penyebab ............?
- Temukan contoh-contoh ......... pada teks .........!
- Klasifikasikan ............ berdasarkan ..........!
- Kelompokkan ............ berdasarkan ...............!
- Buatlah diagram untuk mengilustrasikan ...........dari kisah di atas!
- Pola apa yang tampak dari ..........?
- Buatlah sebuah outline mengenai .............!
- Perhatikan ............, pilah-pilah dan jelaskan setiap komponen penyusunnya!
- Berikan rujukan ...............!
- Informasi apa saja yang dibutuhkan untuk ............?
- Berdasarkan .............., buatlah sebuah diagram!
- Berdasarkan ................, buatlah sebuah grafik!
- Teknik-teknik apa yang dipakai dalam ...............?
- Ke dalam kategori-kategori apa saja, ........... sanggup dikelompokkan?
- Termasuk jenis apakah ........... ini?
- Dari beberapa ............. di atas, yang manakah yang bukan termasuk kelompok ...........?
- Apa fungsi dari ..........?
- Apa tujuan dari ...........?
- Apa kekerabatan antara ............ dengan ..............?
- Ukurlah .............!
- Informasi-informasi .............. manakah yang relevan?
Membandingkan
- Contoh cetakan (template) soal:
- Bandingkan antara ..................dengan...............!
- Apa perbedan antara ...............dengan.................?
- Apa persamaan antara ..............dengan ................?
- Bandingkan ................ sebelum dan setelah di ................!
- Bandingkan huruf tokoh ..........di awal dengan di final cerita!
- Pilah-pilah antara ................dengan .................!
- Pada hal apa saja kau sanggup menciptakan perbandingan antara ............dengan .............?
- Yang manakah dari ...............yang paling tinggi/tua/bagus/tepat/sesuai/cocok?
Menginferensi
Contoh cetakan (template) soal:- Buatlah sebuah hipotesis, apa yang akan terjadi kalau .............!
- Prediksikan apa yang akan terjadi pada .............!
- Buatlah pemecahan dilema dari ...............!
- Bagaimana sudut pandang penulis perihal ............?
- Prediksilah bagaimana final dari kisah .........!
- Apa gagasan utama kisah ..............?
- Apa tema besar dari kisah ................?
- Apa pesan moral dari kisah ............?
- Kembangkan sebuah rencana untuk .............!
- Apa kesimpulan yang sanggup ditarik dari .......... ini?
- Usulkan dan deskripsikan sebuah inovasi gres yang sanggup menuntaskan dilema .................!
- Tulislah sebuah laporan peneletian perihal .............!
- Berdasarkan materi bacaan tersebut, apa yang sanggup kau simpulkan perihal ...........?
- Buatlah sebuah ...........!
- Desain sebuah ................!
- Rancang sebuah ...........!
Mengevaluasi
Contoh cetakan (template) soal:- Apakah biaya yang dipakai untuk ................. sepadan dengan hasilnya?
- Apakah perjuangan yang dilakukan untuk .................. sepadan dengan hasilnya?
- Apakah ............ telah bertindak secara tepat?
- Apa yang akan kau lakukan dengan situasi ............. ini, mengapa?
- Apakah penelitian ............ ini telah dirancang dengan baik? jelaskan!
- Keputusan apakah yang sebaiknya diambil perihal dilema ...............ini? mengapa?
- Apakah keputusan yang dipilih oleh ..............bijaksana menurutmu? Mengapa?
- Jika kau seorang hakim, apa putusanmu? Jelaskan!
- Manakah yang terbaik dari ...........? mengapa?
- Alasan apa yang paling sempurna untuk ..............? mengapa?
- Reviu langkah-langkah percobaan ............. yang telah dilakukan, bagaimana menurutmu perihal langkah-langkah itu?
- Gunakan rubrik penilaian berikut untuk menilai ............!
- Apa yang akan kau lakukan pada situasi .............. semacam ini, mengapa?
Demikian rujukan template atau cetakan untuk menciptakan soal-soal yang menguji keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills). Anda punya rujukan template atau cetakan soal yang lain? Silakan menyebarkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Wassalam. Sumber http://novehasanah.blogspot.com/
Posting Komentar untuk "Membuat Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi"