Pengertian Organisasi, Ciri-Ciri, Unsur-Unsur Dan Teorinya
Pengertian Organisasi, Ciri-Ciri, Unsur-Unsur, dan Teorinya| Apasih itu Organisasi ?.Bingung ?. Kali ini pembahasan berupa pengertian, tujuan, ciri-ciri, unsur, teori dan keuntungannya dalam sebuah organisasi. Secara umum, Pengertian Organisasi yakni suatu kelompok orang yang bekerja sama untuk tujuan bersama. Sedangkan secara jelas pengertian organisasi yakni sebagai daerah atau wadah untuk orang berkumpuldan berkerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin, dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya baik uang, metode, material, dan lingkungan, dan masukana-pramasukana, data dan lain sebagainya yang dipakai secara efisen dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi,
1. Tujuan Organisasi - Setiap insan mempunyai kepentingan dan tujuan yang tidak sama-beda, hal tersebut menjadi lantaran adanya tujuan dalam organisasi, dengan menyatukan kepentingan dan tujuan yang tidak sama-beda untuk menjadi kepentingan dan tujuan yang sama. Tujuan organisasi kuat dalam menyebarkan organisasi baik dalam perekrutan anggota, dan pencapaian apa yang ingin dilakukan dalam berjalannya organisasi tersebut.Tujuan-tujuan organisasi antara lain sebagai diberikut...
a. Ciri-Ciri Organisasi Secara umum
1. Tujuan Organisasi - Setiap insan mempunyai kepentingan dan tujuan yang tidak sama-beda, hal tersebut menjadi lantaran adanya tujuan dalam organisasi, dengan menyatukan kepentingan dan tujuan yang tidak sama-beda untuk menjadi kepentingan dan tujuan yang sama. Tujuan organisasi kuat dalam menyebarkan organisasi baik dalam perekrutan anggota, dan pencapaian apa yang ingin dilakukan dalam berjalannya organisasi tersebut.Tujuan-tujuan organisasi antara lain sebagai diberikut...
- Mengatasi terbatasnya kemampuan, kemandirian dan sumber daya yang dimilikinya dalam mencapai tujuan
- Sebagai daerah mencapai tujuan dengan selektif dan efisien lantaran melaksanakan secara bersama-sama
- Sebagai daerah mendapatkan jabatan dan donasi kerja
- Tempat mencari laba bersama-sama
- Sebagai daerah mengelola dalam lingkungan bersama-sama
- Sebagai daerah mendapatkan penghargaan
- Sebagai daerah dalam mendapatkan kekuasaan dan pengawasan
- Sebagai daerah menambat pergaulan dan memanfaatkan waktu luang
- Stoner, Menurutnya pengertian organisasi yakni suatu contoh hubungan-hubungan melalui mana orang-orang dibawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama
- Stephen P. Robbins, Menurut definisinya, pengertian organisasi yakni kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif sanggup diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
- James D. Mooney, Organisasi yakni bentuk setiap perserikatan insan untuk mencapai tujuan bersama.
- Chester I. Bernard, Menyatakan bahwa organisasi yakni suatu sistem acara kolaborasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
- Drs. H. Malayu S,P, Hasibuan, menurutnya pengertian organisasi yakni sebagai proses penentuan, pengelompokan, dan pengaturan bermacam-macam acara yang diharapkan untuk mencapai tujuan bersama.
- Max Weber, Menurut pendapatnya pengertian organisasi yakni suatu kerangka kekerabatan terstruktur yang didalmnya terdapat wewenang, dan tanggung tanggapan serta donasi kerja menjalankan sesuatu fungsi tertentu.
a. Ciri-Ciri Organisasi Secara umum
- Memiki tujuan dan samasukan
- Memiliki komponen yaitu atasan dan bawahan
- Adanya kolaborasi yang terstruktur
- Memiliki pendegelasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
- Memiliki keterikatakan format dan tatat tertip yang harus ditaati
- Formalitas, adalah ciri organisasi sosial yang merujuk pada perumusan tertulis daripada peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan prosedur, kebijaksanaan, tujuan, taktik dan seterusnya
- Hierarki, adalah ciri organisasi yang mengacu pada contoh kekuasaan dan kewenangan yang berbentuk piramida, artinya terdapat orang-orang tertentu dengan kekuasaan dan kewenangan yang tinggi dari pada orang biasa dalam organisasi tersebut.
- Besar dan Kompleksnya, adalah ciri organisasi sosial yang mempunyai banyak anggota sehingga kekerabatan sosial antar anggota yakni tidak eksklusif (impersonal) yang biasanya disebut dengan "gejala birokrasi"
- Lamanya (Duration), adalah ciri organisasi dimana eksistensi organisasi lebih usang dari pada keanggotaan pada organisasi tersebut.
c. Ciri-Ciri Organisasi Modern
- Organisasi bertambah besar
- Penggunaan staf lebih intensif
- Unsur-unsur organisasi lebih lengkap
- Pengelolaan data semakin cepat
- Adanya prinsip-prinsip atau azas-asaz organisasi
- Cenderung spesialisasi
4. Unsur-Unsur Organisasi - Setiap organisasi mempunyai bermacam-macam unsur antara lain sebagai diberikut..
a. Unsur-Unsur Organisasi Secara Umum
- Man, adalah unsur utama pembentuk organisasi yang disebut sebagai personil atau anggota yang berdasarkan fungsi dan tingkatannya terdiri atas unsur pimpinan (administrator) sebagai pemimpin tertinggi organisasi, para manajer pemimpin unit tertentu suatu kerja sesuai fungsinya dan para pekerja (workers). Setiap hal tersebut ialah kekuatan organisasi.
- Kerja Sama, adalah unsur organisasi dimana setiap anggota atau personil melaksanakan perbuatan secara bantu-membantu untuk tujuan bersama.
- Tujuan Bersama, adalah Samasukan yang ingin dicapai/ diharapkan baik dari prosedur, program, contoh atau titik simpulan dari pekerjaan organisasi tersebut.
- Peralatan (Equipment), yakni masukana dan pramasukana yang berupa kelengkapan dari organisasi tersebut baik itu berupa bangunan (gedung, kantor), materi, uang, dan kelengkapan lainnya.
- Lingkungan (Environment), adalah unsur organisasi yang juga mempunyai pengaruh. Faktor tersebut yakni ekonomi, sosial budaya, strategi, kebijaksanaan. anggaran, dan peraturan yang sudah diputuskan.
- Kekayaan Alam, yang termasuk dengan kekayaan alam yakni air, cuaca, keadaan iklim, tanaman dan fauna.
- Kerangka/Kontruksi Mental Organisasi, yakni landasan dari organisasi yang berada pada visi organisasi tersebut dibuat.
b. Unsur-Unsur Organisasi Menurut Keith Davis
- Unsur Pertama, bahwa partisipasi atau keikutsertaan sesungguhnya ialah keterlibatan mental dan perasaan, lebih daripada semata-mata atau spesialuntuk keterlibatan secara jasmaniah
- Unsur Kedua, adanya perilaku sukarela dalam memmenolong kelompok mencapai tujuan tertentu.
- Unsur Ketiga, unsur tanggung tanggapan ialah rasa yang paling menonjol dalam menjadi anggota
c. Unsur-Unsur Dasar Organisasi
- Personil atau anggota
- Visi
- Misi
- Wewenang
- Struktur
- Hubungan
- Formalitas
- Sumber Energi
- Proses Kegiatan organisasi
5. Teori-Teori Organisasi - Terdapat macam-macam teori organisasi antara lain sebagai diberikut..
a. Teori Organisasi Klasik adalah teori yang mempunyai konsep organisasi mulai dari tahun 1800 (abad 19) yang mendefinisikan organisasi yakni sebagai struktur hubungan, kekuasaan-kekuasaan, tujuan-tujuan, peranan-peranan, kegiatan-kegiatan, komunikasi dan faktor lain ketika orang bekerja sama. Teori klasik sangat tersentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi serta pemdiberian petunjuk mekanistik struktural yang kaku dan tidak kreatif yang digambarkan oleh para teoritisi. Teori Klasik disebut juga dengan teori tradisional. Teori klasik berkembang dalam 3 jenis aliran antara lain sebagai diberikut..
- Teori Birokrasi, teori birokrasi dikemukakan oleh Max Weber dalam bukunya yang berjudul "The Protestant Ethic and Spirit of Capitalism
- Teori Administrasi, teori manajemen dikembangkan atas sumbangan dari Henry Fayol dan Lyndall Urwick dari Eropa serta Mooeny dan Reliey dari Amerika
- Manajemen Ilmiah, teori ini dikembangkan oleh Frederick Winslow Taylor yang dimulai pada tahun 1900.
b. Teori Organisasi Neoklasik adalah Teori yang menekankan pada pentingnya aspek psikologis dan sosial, baik sebagai individu dan kelompok dalam lingkungan kerja. Teori Neoklasik yakni teori/aliran kekerabatan insan (The Human Relation Movement). Dalam donasi kerja, diharapkan hal-hal diberikut yang sudah dikemukakan teori neoklasik antara lain sebagai diberikut..
- Partisipasi, yaitu melibatkan setiap orang dalam proses pengambilan keputusan
- Perluasan kerja, yaitu sebagai kebalikan dari contoh spesialisasi
- Manajemen bottom-up, yang akan mempersembahkan peluang para anabawang untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan manajemen puncak.
c. Teori Organisasi Modern adalah teori yang bersifat terbuka dimana tiruana unsur organisasi satu kesatuan yang saling ketergantungan. Teori modern dipelopori oleh Herbert Simon yang ditandai dan dimulai disaat berakhirnya gerakan contingency. Teori modern disebut juga sebagai analisa system pada organisasi yang ialah aliran ketiga terbesar dalam teori organisasi dan manajemen. Sistem terbuka yang dipelopori Katz dan Robert kahn dalam bukunya "the social psychology of organization". yang pertanda dalam bukunya terkena keunggulan sistem terbuka.
5. Manfaat Organisasi - Mengikuti dan menjadi anggota dalam organisasi mempunyai manfaat antara lain sebagai diberikut...
- Tercapainya sebuah tujuan
- Melatih mental bicara di publik
- cepatdangampang memecahkan masalah
- Melatih leadership
- Memperluas pergaulan
- Kuat dalam menghadapi tekanan
- Meningkatkan wawasan dan pengetahuan
- Membentuk karakteristik dengan seseorang
- Mampu dalam mengatur waktu dengan baik
- Sebagai ajang dalam pembelajaran kerja yang sebenarnya
Demikianlah info terkena Pengertian Organisasi, Ciri-Ciri, Unsur-Unsur dan Teorinya. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa baik itu pengertian organisasi, ciri-ciri organisasi, unsur-unsur organisasi, teori-teori organisasi, dan manfaat organisasi. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".
Posting Komentar untuk "Pengertian Organisasi, Ciri-Ciri, Unsur-Unsur Dan Teorinya"