Mempersiapkan Penggunaan Media Pembelajaran
Pentingnya Persiapan Penggunaan Media Pembelajaran
Hari ini tidak mengecewakan capek. Saya mencoba mengajar memakai sebuah peta berukuran cukup besar. Anak-anak cukup antusias, akan tetapi saya merasa pembelajaran tidak terlalu efektif lantaran hal remeh yang tidak saya lakukan: mempersiapkan penggunaan peta tersebut dengan matang sebelum masuk kelas. Saya harus bolak-balik dari kelas ke kantor guru. Pertama-tama saya ke kelas untuk memanggil dua orang siswa yang membantu saya membawa peta, kemudian lantaran saya lupa membawa paku dan palu untuk daerah menggantung peta tersebut di depan kelas, saya terpaksa kembali lagi ke kantor. Kemudian dikala menjelaskan, saya lupa bahwa telunjuk saya tidak hingga untuk mengatakan di mana letak Gunung Kinibalu di Pulau Kalimantan, maka saya kembal;i lagi ke kantor untuk mengambil penggaris kayu ukuran panjang 1 meter. Hadeh...... hampir 15 menit berlalu untuk aktivitas remeh ini.Barangkali inilah salah satu kesulitan tersendiri bagi guru-guru di negeri ini ketika kita harus keluar-masuk kelas yang berbeda (untuk guru mata pelajaran) lantaran model pengaturan kelas di Indonesia umumnya bukan bentuk “moving class”. Pada model kelas menyerupai ini, guru-lah yang harus keluar masuk kelas yang akan diajarnya, atau dengan kata lain ia tidak mempunyai ruang khusus untuk kelasnya. Ah...andai saja ada ruangan kelas khusus untuk setiap guru dan setiap mata pelajaran, tentu persiapan dan energi guru sanggup lebih dihemat sehingga pengajaran akan lebih efektif.
Berhenti mengeluh dan kembali ke topik pembicaraan. :)
Saya kira penggunaan peta dalam pembelajaran saya di atas akan menjadi lebih baik seandainya saya benar-benar melaksanakan persiapan dengan matang (walaupun tetap harus menggotong peta berukuran besar itu ke setiap kelas yang akan saya masuki). Beberapa tips berikut mungkin sanggup diterapkan pada dikala saya (atau kita semua) pada dikala akan memakai suatu media pembelajaran. (Peta kan juga termasuk media pembelajaran). Dan, tips ini gotong royong sanggup berlaku untuk semua jenis media pembelajaran.
Hal-hal yang harus diperhatikan oleh guru pada dikala akan memakai suatu media pembelajaran di dalam kelasnya yaitu sebagai berikut.
Pelajari media pembelajaran yang akan digunakan
Seringkali lantaran kurang persiapan dan media yang digunakan oleh guru hanya digunakan setahun sekali, ada bagian-bagian atau fungsi-fungsi tertentu dari media pembelajaran yang dilupakan oleh guru. Oleh lantaran itu alangkah baiknya sebelum memakai sebuah media pembelajaran di kelasnya, guru membaca kembali petunjuk penggunaan media yang seringkali telah disertakan produsen media tersebut dikala kita membeli media tersebut. Beberapa media pembelajaran yang agak kompleks tentu mengharuskan guru untuk menguasai pemanfaatannya dengan baik. Kaprikornus sebelum menggunakannya kita sebagai guru harus tahu dengan terang bagaimana media pembelajaran itu digunakan. Kadang, lantaran kurangnya pengetahuan guru terhadap media pembelajaran yang digunakannya, pembelajaran justru menjadi tidak efektif dan sanggup menjadi kacau lantaran alasannya yaitu yang seharusnya tidak terjadi ini. Bacalah juga buku atau sumber berguru lain yang sanggup mendukung pemanfaat media tersebut.Persiapkan peralatan pendukung
Nah, inilah tampaknya sumber problem saya di atas. Pada dikala saya memakai peta saya tidak menyidik apakah di kelas yang akan saya didik ada mempunyai paku daerah saya akan mencantelkan peta yang akan saya gunakan. Hal sepele menyerupai ini ternyata sangat riskan apabila tidak diantisipasi terlebih dahulu, saya harus bolak-balik ke kantor guru untuk mengambil paku dan palu, kemudian menancapkannya di daerah yang sesuai sehingga peta sanggup dilihat oleh seluruh siswa. Ini ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama, kemudian saya juga ternyata harus menyiapkan penggaris kayu ukuran 1 meter untuk pointer (penunjuk) pada peta. Hal demikian juga harus kita perhatikan apabila kita memakai media pembelajaran lain, yang mungkin dalam penggunaannya memerlukan meja khusus atau barangkali kabel listrik atau sound system, atau mungkin bahan-bahan dan peralatan lainnya.Menempatkan media pembelajaran, peralatan dan materi pendukung di daerah yang tepat
Penempatan media pembelajaran harus diperhatikan dan direncanakan dengan baik lantaran juga akan kuat terhadap keefektifan penggunaannya. Sangat disayangkan apabila media pembelajaran yang diletakkan tidak di daerah yang sempurna sehingga sulit diakses oleh seluruh siswa atau kelompok siswa (apabila digunakan secara berkelompok). Pengaturan daerah duduk siswa secara khususpun barangkali akan dibutuhkan.Bagaimana dengan anda? Pernah mengalami pengalaman serupa? Silakan membuatkan pada kolom komentar di bawah posting ini. Wassalam. Sumber http://novehasanah.blogspot.com/
Posting Komentar untuk "Mempersiapkan Penggunaan Media Pembelajaran"