10 Tips Sukses Mengikuti Keadaan Di Kawasan Kerja Baru
Tips Sukses Di Tempat Kerja (credit: mebels) |
Tips Sukses Beradaptasi Di Tempat Kerja Baru
Selamat! mungkin dikala ini anda telah diterima di sebuah perusahaan dan anda sudah mulai masuk kantor di daerah kerja yang baru. Jika anda sedikit ragu-ragu dalam bertindak di daerah kerja baru, itu hal yang lumrah dan manusia. Sedikit nervous? Itu juga natural. Nah, mungkin 10 tips sukses menyesuaikan diri di daerah kerja atau kantor gres berikut sanggup membantu anda untuk lebih damai dan nyaman, serta menciptakan anda bisa beradaptasi.#1. Pelajari Etika dan Budaya Kerja Di Tempat Baru
Hal pertama dan penting yang harus anda lakukan ialah mempelajari watak dan budaya di daerah kerja yang gres tersebut. Setiap kantor atau daerah kerja punya watak dan budayanya masing-masing. Ada hal-hal khusus yang harus anda ketahui sehingga anda sanggup menyesuaikan diri dengan semua personil lainnya di daerah itu.#2. Tunjukkan Semangat Bekerja
Hal kedua yang amat penting yang harus anda lakukan ialah memperlihatkan bahwa anda mempunyai semangat kerja yang tinggi. Jangan hingga anda terlihat lesu, lelah dan tidak bersemangat. Seberat apapun pekerjaan dan tanggung jawab yang anda pegang di daerah kerja yang gres dilarang menyurutkan semangat kerja anda. Tunjukkan konsistensi dan eksistensi anda di kantor yang gres tersebut dengan semangat bekerja yang tinggi.#3. Selalu Mau Belajar Hal-Hal Baru dan Mahir dengan Teknologi
Bisa jadi, anda diterima bekerja di bidang yang belum anda kuasai dengan baik. Selalu ada hal-hal gres untuk dipelajari di daerah kerja atau kantor. Bila di daerah itu ada rekan kerja yang lebih senior dan berpengalaman, maka jangan aib untuk menanyakan hal-hal yang mungkin anda belummengerti. Lebih baik bertanya daripada apa yang anda kerjakan keliru atau salah. Jangan bersikap sok tahu. Apabila ada rekan senior yang menawarkan bimbingan atas rekomendasi atasan, maka perhatikanlah dengan sebaik-baiknya. Anda juga mesti jago dengan bermacam-macam perangkat teknologi di kantor atau daerah kerja anda yang baru. Belajarlah bertahap sesuai kemampuan anda atau sesuai dengan sasaran perusahaan atas kinerja anda. Usahakan anda selalu menguasai keterampilan gres sesuai cita-cita yang telah ditetapkan kantor atau perusahaan anda.
#4. Kenali Semua Orang
Semua orang di lingkungan kerja yang gres harus anda kenali. Termasuk pimpinan hingga staf atau pegawai terendah ibarat office boy dan tukang parkir. Jangan hingga anda tidak mengenali pimpinan anda. Adalah suatu hal yang konyol ketika anda melintas dengan cueknya di hadapan pimpinan kantor atau perusahaan daerah anda bekerja. Penting untuk mengenali orang-orang ini semoga anda sanggup bersikap sepantasnya sebagai seorang pegawai baru.#5. Ringan Tangan dan Mau Bekerja Lebih dari Tugas dan Tanggung Jawab
Jika anda ingin disayang rekan kerja atau bos di kantor anda, maka selalulah ringan tangan. Kadang-kadang seseorang di sekitar anda membutuhkan bantuan. Itu ialah kesempatan baik bagi anda untuk memperlihatkan bahwa anda seorang yang ringan tangan dan mau membantu siapa saja. Tentu saja hal tersebut dilakukan sehabis semua tanggung jawab dan tugas-tugas anda beres.#6. Inisiatif dan Kreatif
Setiap hari di daerah kerja atau di kantor daerah anda bekerja akan selalu ada dilema atau hal-hal yang sanggup bersifat besar atau kecil (sepele). Anda sebaiknya mawas dengan hal ini. Selalu olok-olokan inisiatif dan ide-ide kreatif terkait masalah-masalah ini. Dengan memunculkan inisiatif dan ide-ide kreatif anda, maka dengan cepat semua personil di kantor atau daerah kerja yang gres akan mengenali anda. Jika inisiatif dan ide-ide anda benar-benar brilian, maka dengan cepat anda akan menerima respek dari pimpinan dan semua orang lainnya.#7. Bangun Hubungan Profesional dengan Atasan dan Rekan (Team Work)
Selalulah bersikap profesional dengan semua orang di kantor atau daerah kerja yang baru, walaupun hal ini tidak berarti anda mematikan sama sekali sifat kemanusiaan anda. Anda harus bisa menyeimbangkannya. Hubungan profesional penting sekali diterapkan di daerah kerja semoga fungsi administrasi di kantor anda berjalan dengan baik. Hubungan profesional yang anda bangkit dengan semua orang akan membangun sebuah team work (tim kerja) yang solid untuk mencapai kesuksesan perusahaan.#8. Berpakaian Pantas
Cara berpakaian anda akan membantu anda menyesuaikan diri dengan baik dengan semua orang di daerah kerja yang baru. Berpakaianlah yang pantas sehingga anda tidak menjadi sentra perhatian (dalam artian negatif) di kantor yang baru. Anda seharusnya menonjol di daerah kerja yang baru, tetapi bukan dalam cara anda berpakaian yang “beda” dari personil lainnya. Anda harus menonjol alasannya ialah prestasi kerja, bukan yang lain.#9. Dilarang Menggosip
Jika anda perempuan, maka godaan menggosip di kantor gres ialah hal yang lumrah. Hati-hati saja jikalau ada rekan kerja wanita lainnya yang mendekati anda dan mengajak bergosip. Jangan diturutkan alasannya ialah selain akan menurunkan produktivitas kerja anda, juga bisa menciptakan anda secara perlahan menyeret anda pada konfrontasi dengan rekan kerja lain apabila yang digosipkan ialah mereka.
#10. Berbicara Sopan Kepada Semua Personil
Selain jangan menggosip di daerah kerja, anda harus berbicara sopan kepada semua personil. Siapapun lawan bicara anda di kantor, baik bawahan anda—lebih-lebih atasan, anda harus sopan dalam berbicara. Komunikasi yang baik akan membawa anda pada relasi profesional dengan semua orang di daerah kerja yang baru.Demikian, 10 tips yang sanggup anda terapkan di daerah kerja atau kantor baru. Semoga anda beroleh kesuksesan dan sanggup meniti karir ke jenjang yang lebih tinggi. Selain kesepuluh tips tersebut mungkin tips bagaimana cara Membuat Meja Kerja Agar Rapi dan Nyaman juga sanggup membantu. Sumber http://novehasanah.blogspot.com/
Posting Komentar untuk "10 Tips Sukses Mengikuti Keadaan Di Kawasan Kerja Baru"