Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Biar Meja Kerja Selalu Rapi Dan Nyaman

 Tips Agar Meja Kerja Selalu Rapi dan Nyaman Tips Agar Meja Kerja Selalu Rapi dan Nyaman
Tips Agar Meja Kerja Rapi dan Nyaman
(image: Adrian van Leen for openphoto.net)

Tips Agar Meja Kerja Selalu Rapi dan Nyaman

Setiap orang tentunya punya area kerjanya sendiri-sendiri. Area kerja terpenting anda yaitu meja kerja. Ini masuk akal alasannya hampir semua kegiatan pekerjaan anda dilakukan di meja kerja tersebut. Jika ingin meningkatkan produktivitas kerja anda, maka salah satu upaya yang sanggup anda lakukan yaitu menciptakan meja kerja anda menjadi kawasan yang rapi, bersih, dan nyaman. Selain itu ide-ide brilian anda akan muncul dan segala problem akan lebih gampang diselesaikan dengan tepat.

Meja kerja yang tertata rapi dan selalu higienis cermin kepribadian anda yang teratur dan termanajemen. Jika anda seorang karyawan, niscaya bos anda akan bahagia melihatnya. Bukankah demikian?



Tips Agar Meja Selalu Rapi dan Bersih

Beberapa tips yang sanggup anda lakukan untuk menjaga semoga meja anda selalu dalam keadaan rapi dan higienis antara lain:

Sediakan 10 hingga 15 menit setiap hari untuk merapikan meja di simpulan pekerjaan

Sebelum anda pulang, rapikan kembali meja anda. Bersihkan dari sampah-sampah kecil atau debu. Anda hanya perlu 10 hingga 15 menit melaksanakan ini sebelum anda pulang. Dijamin besok ketika anda masuk kerja kembali, suasana meja yang tertata baik akan menyambut anda.

Gunakan kontainer kecil untuk kawasan alat tulis anda

Jangan biarkan alat-alat tulis atau benda-benda kecil lainnya acak-acakan atau diletakkan di tempat-tempat yang tidak semestinya. Benda-benda menyerupai tip eks, penghapus, hingga paper clip yaitu benda yang ukurannya relatif kecil sehingga gampang sekali terselip di antara benda-benda lainnya di meja kerja anda. Jadi, sediakan kontainer kecil yang unik untuk meletakkannya. Sebaiknya kontainer ini mempunyai beberapa bab semoga anda gampang mengelompokkan benda-benda tersebut. Dan, suatu ketika anda memerlukannya anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Kalau perlu, buat sendiri kontainer tersebut dari bahan-bahan tak terpakai di sekitar anda. Selain ada rasa kebanggaan, tentunya juga anda membantu lingkungan tetap green.

Gunakan rak kecil

Kertas-kertas kerja seringkali sanggup diklasifikasikan ke dalam banyak sekali jenis, tentunya bergantung pada pekerjaan anda. Agar gampang mencari, menemukan, atau mengerjakannya, maka kertas-kertas atau dokumen-dokumen ini diatur di dalam rak-rak kecil. Jangan biarkan semuanya bertumpuk-tumpuk sehingga sulit dibedakan satu sama lain.

Singkirkan ke rak lain untuk pekerjaan anda yang belum urgen

Meja kerja yang penuh dengan bermacam-macam barang dan dokumen akan sangat menyulitkan ruang gerak anda. Alih-alih produktif, melihatnya saja mungkin anda sudah pusing duluan. Jadi, apabila ada barang-barang atau kertas-kertas kerja tertentu yang mungkin anda belum terlalu membutuhkannya ketika itu, atau barangkali kertas-kertas itu urgensi pengerjaannya masih ada di urutan belakang, maka singkirkanlah ke kawasan lain. Taruhlah barang-barang atau kertas kerja itu pada rak lain, tapi bukan pada meja kerja anda.

Buang sampah pada tempatnya

Buanglah sampah pada tempatnya. Kadang-kadang ketika bekerja anda mungkin harus menajamkan pensil, menggunting kertas, ngemil keripik, kacang atau permen. Kegiatan-kegiatan menyerupai ini seringkali menghasilkan sampah-sampah berukuran kecil. Walaupun kecil ukurannya sampah-sampah macam ini sanggup mengganggu kerapian dan kebersihan meja anda.

Kembalikan barang ke kawasan seharusnya

Dalam keadaan terburu-buru anda mungkin suka lupa. Saat membutuhkan staples dengan cepat anda sanggup mengambilnya dalam kontainer khusus di meja kerja anda. Akan tetapi, sesudah itu anda lupa meletakkannya kembali ke dalam kontainer tersebut. Ini kebiasaan jelek. Meletakkan kembali barang yang anda ambil ke tempatnya semula tidak akan banyak membuang waktu anda yang sedang tergesa-gesa. Paling-paling selisih satu menit. Kaprikornus biasakan disiplin untuk selalu mengembalikan barang ke kawasan seharusnya.

Klasifikasikan berdasarkan jenis dan urgensi pekerjaan

Meja kerja penting fungsinya ketika anda meletakkan semua yang ada di atasnya berdasarkan tingkat kebutuhan dan urgensi. Barang-barang yang sering digunakan tentunya harus lebih gampang diakses daripada barang-barang yang kurang sering dipakai. Kemudian, yang lebih penting lagi, bagaimana cara anda menyusun dokumen-dokumen atau kertas kerja berdasarkan urgensi pekerjaan. Taruh dokumen yang harus selesai hari itu juga pada bab atas dan taruh yang kurang urgen pada bab bawah.

Tips semoga meja kerja nyaman

Meja kerja yang higienis dan rapi akan menciptakan anda nyaman dalam bekerja. Selain itu anda sanggup menciptakan meja kerja lebih nyaman lagi dengan memperhatikan hal-hal kecil menyerupai berikut ini:

Letakkan foto orang tersayang

Ketika anda bekerja, penyemangat anda yaitu orang-orang yang anda sayangi dan mengasihi anda. Mereka sanggup menambahkan energi lebih untuk anda. Bahkan hanya dengan memandangi wajahnya saja. Karena itu, cukup penting meletakkan foto orang yang anda sayangi, contohnya anak dan istri anda di atas meja kerja. Tentunya letaknya diatur semoga tidak terlalu mengganggu pekerjaan anda. Jika meja kerja anda ukurannya relatif kecil, maka anda sanggup meletakkannya di dinding atau di bawah beling pelapis meja.

Beri hiasan menyerupai vas bunga

Memandang bunga di dalam vasnya seringkali sanggup menciptakan pikiran menjadi lebih fresh. Suasana meja kerja akan lebih hidup dan menarik secara estetik apabila diberi sebuah vas kecil berisi bunga.

Atur ketinggian kursi

Ketinggian dingklik harus diatur sedemikian rupa supaya sesuai dengan postur badan anda dan tinggi meja kerja. Ketinggian yang tidak sempurna sanggup menciptakan anda cepat lelah dan pegal.

Gunakan warna favorit

Meja kerja, alas, atau barang-barang di atasnya sanggup memakai warna-warna favorit anda. Ini akan menjadikan suasana nyaman bagi anda.

Sediakan kawasan sampah kecil

Jangan lupakan kawasan sampah kecil. Letakkan di akrab kaki dingklik anda atau di bawah meja sehingga cukup terlindung. Kosongkan selalu kolam sampah anda. Jangan sampah menunggu penuh. Dan yang terpenting, jangan membuang benda-benda atau sisa makanan lembap di dalamnya alasannya sanggup menjadikan bau yang tidak sedap. Tempat sampah yang akrab dengan kaki anda akan membantu anda mempertahankan meja kerja selalu higienis dan nyaman.

Gunakan speaker kecil atau headset

Sesekali dalam pekerjaan anda mungkin dibolehkan sedikit bersantai. Anda sanggup memutar musik lembut dengan volume yang cukup untuk anda sendiri dengan memakai speaker kecil. Lebih kondusif lagi gunakan headset. Akan tetapi, kalau kantor kawasan anda bekerja melarangnya, jangan sekali-sekali menggunakannya.

Beri space yang cukup untuk laptop dan kawasan menulis

Berapa luas meja kerja anda? Jangan biarkan seluruh permukaan tertutup oleh barang-barang dan dokumen. Harus ada space kosong yang cukup untuk ruang gerak anda. Idealnya, space kosong meja kerja anda yaitu dua per tiga dari duas meja kerja ukuran sedang. Terlalu sedikit space pada meja kerja sanggup menciptakan anda cepat lelah, suntuk, dan stress alasannya akan memberi kesan bahwa pekerjaan anda amat banyak dan bertumpuk-tumpuk.

Baca juga 10 Tips Sukses mengikuti keadaan Di Tempat Kerja yang baru.

Bagaimana berdasarkan anda, gampang saja bukan untuk menjadikan meja kerja anda kawasan yang nyaman untuk melaksanakan aktivitas? Atau mungkin anda punya tips lain untuk ditambahkan di sini? Silakan membuatkan lewat kolom komentar. Wassalam.
Sumber http://novehasanah.blogspot.com/

Posting Komentar untuk "Tips Biar Meja Kerja Selalu Rapi Dan Nyaman"