Search Description: Bagaimana Menggunakannya Untuk Meningkatkan Traffic Blog
Search Description: Bagaimana Menggunakannya untuk Meningkatkan Traffic Blog
Apa kabar Dear Bloggers? Masih membahas ihwal cara meningkatkan traffic blog di blog, kali ini aku akan coba menulis ihwal “search description”. Apa sih search description itu? Dalam Bahasa Indonesia tentu artinya “deskripsi pencarian”. Mari kita perhatikan screen shoot hasil pencarian artikel aku yang terakhir dipublish “Meningkatkan Trafik Blog dengan Edit Permalink”.Contoh Screen Shoot Hasil Pencarian Google |
Lihatlah pada gambar tersebut, bab yang aku beri tanda merah: “triks dan tips meningkatkan traffic blog dengan edit permalink” ialah teladan search description (deskripsi pencarian) yang aku gunakan untuk artikel tersebut.
Bandingkan dengan artikel oleh blog lain di bawahnya yang tampaknya tidak mencantumkan search description dalam artikelnya, sehingga tampil kalimat: “Meningkatkan traffic blog dan meningkatkan nilai blog di SERP ialah dengan memodifikasi permalink (hanya tersedia pada wordpress), mungkin banyak dari ...”
Menurut Dear Bloggers, yang manakah yang lebih mungkin untuk di klik pengunjung?
Walaupun tidak sepenuhnya demikian, aku yakin bahwa pengunjung telah diberi isu awal mengenai isi artikel aku dibanding artikel blog lain tersebut yang berbentuk kalimat panjang dan putus. Menurut +Paul Shapiro dalam artikelnya “Top 10 Tiny SEO Tweaks for Big Impact”, search description memang tidak terlalu besar lengan berkuasa pada ranking hasil pencarian di google, akan tetapi artikel yang memiliki search description akan meningkatkan kemungkinan pengunjung untuk mengkliknya apabila search description yang diberikan menarik bagi mereka. Kaprikornus triknya ada di sini, menambahkan search description (deskripsi pencarian), dan membuatnya dalam susunan kalimat yang menciptakan pengunjung untuk tertarik mengkliknya.
Beberapa waktu yang kemudian aku mulai menerapkan fitur search description ini di blog aku dan melihat karenanya memang lebih baiklah ketimbang tanpa memakai search description ini pada artikel-artikel yang aku tulis.
Bagaimana Cara Mengaktifkan Fitur Search Description di halaman Edit/New Post Blogger?
Beberapa blogger pemula macam saya, mungkin tidak menyadari adanya fitur ini di dashboard mereka alasannya ialah search description memang secara default tidak dimunculkan oleh blogger. Untuk mengaktifkannya simpel sekali, cukup dengan beberapa klik saja di dashboard blogger. Yuk ikuti langkah-langkah berikut kalau fitur ini belum ada di halaman CREATE NEW POST anda.- Buka dashboard blogger anda.
- Klik sajian SETTINGS yang ada di samping kiri paling bawah.
- Klik SEARCH PREFERENCES.
Menu Settings dan Search Preferences Blogger - Perhatikan, di bagian atas halaman SEARCH PREFRENCES ini terdapat sajian META TAGS, sempurna di bawahnya terdapat submenu DESCRIPTIONS? ENABLE SEARCH DESCRIPTION? Secara default untuk submenu “Descriptions? Enable Search Description?” ini berada pada posisi NO.
- Untuk mengaktifkan search description, kita tinggal klik bulatan kecil di depan YES.
- Selanjutnya akan muncul kotak “SEARCH DESCRIPTION” untuk blog kita secara umum. Anda boleh mengisinya dengan maksimal 150 huruf untuk menggambarkan apa isi blog anda secara umum. Misalnya: Blog Blablabla ini mengupas ihwal tutorial blogging di blogspot untuk pemula. Dengan mengisi kotak Descriptions (Deskripsi) ini berarti kita juga telah memasang meta tag untuk blog kita.
kotak Descriptions (Deskripsi) Blogger - Kemudian, klik SAVE CHANGES. Nah dengan demikian, fitur SEARCH DESCRIPTIONS di blog anda sudah diaktifkan. Untuk melihat bagaimana perubahannya, silakan anda buka halaman CREATE NEW POST/EDIT POST yang selalu anda gunakan setiap akan menciptakan posting artikel blog.
Halaman New Post tanpa fitur SEARCH DESCRIPTION Halaman New Post dengan fitur SEARCH DESCRIPTION yang telah ditambahkan
Tips Menggunakan Search Description untuk Meningkatkan Traffic Blog
Sudah aku sebutkan sebelumnya bahwa artikel dengan search description yang menarik dan terang sehingga memberi isu awal ihwal isi artikel cenderung akan lebih diklik pengunjung dibanding artikel tanpa search description. Akan tetapi, dalam penggunaannya kita sebaiknya benar-benar memperhitungkan apa kira-kira kalimat yang cocok untuk dipakai sebagai deskripsi pencarian (search description) ini pada artikel yang akan kita publish.Beberapa tips yang sanggup dipertimbangkan dalam menyusun search description artikel atau posting anda adalah:
- Gunakan maksimal 160 karakter, boleh lebih pendek tetapi jangan terlalu pendek. Jika search description terlalu panjang, di halaman pencarian kalimat itu akan terpotong sehingga tidak ditampilkan secara utuh.
- Gunakan kata kunci yang anda anggap penting untuk ditampilkan.
- Buatlah kalimat yang menarik pengunjung sehingga kemungkinan besar mereka akan mengklik blog anda sesudah membacanya, bukan melulu berupa kata kunci.
- Jangan menuliskan search description yang berlebih-lebihan (karena ingin tampak hebat) tetapi tidak sesuai dengan isi artikel anda, alasannya ialah ini sanggup menciptakan pengunjung kecewa dan mengingat blog anda sebagai BLOG GOMBAL.
Kotak Search Description untuk Artikel/Posting Blogger |
Praktis bukan Dears Bloggers, cara mengaktifkan fitur Search Description untuk artikel blog anda? Mudah-mudahan tutorial singkat dan tips mengaplikasikan Search Description di dashboard blogger ini sanggup bermanfaat buat kita. Kepada para senior blogger atau teman-teman yang mengetahui tips dan trik lain terkait Search Description ini sanggup menyebarkan di sini. Wassalam. Sumber http://novehasanah.blogspot.com/
Posting Komentar untuk "Search Description: Bagaimana Menggunakannya Untuk Meningkatkan Traffic Blog"