Tips Sukses Karier: Hal-Hal Yang Harus Dihindari Dalam Pekerjaan
siapa yang tak ingin sukses dalam karier? |
Hal-Hal yang Harus Dihindari dalam Berkarier
Setiap orang yang menekuni suatu karier tentunya ingin meraih kesuksesan, apapun jenis karier itu. Banyak orang berusaha melaksanakan banyak sekali hal untuk meraih kesuksesan tersebut. Beberapa lagi pasif dan tak menyadari bahwa hal itu akan menamatkan kariernya, atau paling tidak ia akan stagnan atau membisu di daerah selama kariernya itu. Kali ini kita tidak akan membahas mengenai hal-hal yang sanggup menawarkan kesuksesan dalam berkarier, tetapi sebaliknya, kita akan membahas wacana hal-hal yang sering tanpa disadari justru sanggup menghambat perjalanan karier seseorang.
Hal-Hal yang Harus Dihindari dalam Pekerjaan Anda
Beberapa hal berikut harus anda hindarkan ketika melaksanakan pekerjaan anda, yaitu:Tanpa Target dan Standar Mutu
Setiap perusahaan atau atasan mempekerjakan anda alasannya yaitu dibutuhkan anda akan berbuat banyak untuk mereka. Karena itu, setiap pekerjaan yang anda lakukan harus anda memutuskan sasaran dan standar mutu yang terukur. Apabila anda mempunyai sasaran tertentu yang harus dicapai dengan standar mutu yang terang dan paling tidak sesuai dengan sasaran dan standar perusahaan, maka berarti anda baik-baik saja. Sukur-sukur anda sanggup melampauinya dengan baik. Malapetaka akan tiba dengan kehancuran karier kalau anda bekerja di bawah sasaran dan standar mutu perusahaan atau atasan. Jangan penghargaan yang anda harapkan, justru kemungkinan dipecat atau diturunkan jabatan akan diberikan untuk anda. Karena itu, sekali lagi, buat sasaran anda sendiri dan standar mutu anda anda sendiri yang berada di atas sasaran dan standar yang dipatok kepada karyawan-karyawannya.Takut Menyuarakan Pendapat pada Atasan
Banyak orang sangat takut dengan atasan, apalagi atasan atau bosnya galak dan suka marah-marah. Akibatnya, orang-orang ini membisu saja pada ketika diminta menawarkan pendapat. Ketika anda melihat sesuatu yang salah atau kemungkinan yang sanggup meningkatkan kinerja perusahaan daerah anda bekerja, tidak ada salahnya anda menyampaikannya kepada atasan. Semuanya hanyalah dilema cara menyampaikannya. Lakukan dengan cara-cara persuasif dan sopan.Menganggap Sepele Acara Keakraban Kantor
Pada suatu instansi atau perusahaan, seringkali diadakan program keakraban semacam family gathering atau piknik bersama. Segelintir orang mungkin menganggap kegiatan semacam ini hanyalah dilema sepele. Tidak... tidak demikian. Ketika perusahaan atau kantor daerah anda bekerja mengadakan kegiatan semacam ini, sedapat mungkin anda harus mengikutinya walaupun biasanya dilakukan di ketika hari libur. Mengikuti acara-acara semacam family gathering dengan bos dan sejawat anda akan membuka peluang-peluang gres bagi anda. Sebagai salah satu anggota team work perusahaan, anda sanggup membangun keakraban, melaksanakan team building. Rasa kekeluargaan dan persaudaraan akan terbentuk antara anda dengan bos atau atasan dan dengan karyawan lainnya. Pada ketika itu juga, mungkin anda sanggup memperlihatkan kemampuan-kemampuan lain yang sebelumnya tak terlihat ketika bekerja secara formal di daerah kerja. Ketika kemampuan-kemampuan khusus ini terlihat oleh atasan, bisa jadi akan menjadikannya sebagai nilai tambah bagi diri anda dan perusahaan.Suka Merekomendasikan Orang Baru pada Atasan
Ketika seseorang berada pada posisi yang dekat dengan bos atau atasan, seseorang seringkali mempunyai imbas yang cukup berpengaruh untuk merekomendasikan personil baru. Berhati-hatilah dengan kesempatan semacam ini. Tidak salah merekomendasikan personil atau orang gres kepada atasan untuk direkrut menjadi karyawan perusahaan. Akan tetapi, jangan dilakukan secara sembarangan. Lihatlah dan telitilah dengan baik, apakah orang yang meminta rekomendasi anda untuk bekerja itu memang mempunyai kapabilitas yang cukup baik ketika nanti bekerja. Jangan-jangan, alasannya yaitu hanya sekedar merekomendasikan famili atau kenalan, atau sobat yang membutuhkan pekerjaan, karier anda jatuh sesudah orang yang anda rekomendasikan itu bekerja tidak sesuai dengan standar perusahaan.Melakukan Pekerjaan yang Sangat Tidak Anda Sukai
Di dalam melaksanakan pekerjaan anda, sebagai bawahan anda kadang diminta melaksanakan suatu pekerjaan tertentu. Ketika pekerjaan itu kurang disukai, anda mungkin masih sanggup berkompromi alasannya yaitu memang harus ada orang yang mau dan bisa membereskan pekerjaan itu. Ini tentu baik kalau anda memang sanggup melakukannya. Akan tetapi, ketika pekerjaan yang diberikan itu sangat tidak anda sukai dan anda tidak bisa melakukannya dengan baik, maka yang paling bijak yaitu menyampaikan yang bekerjsama kepada atasan atau bos anda. Katakan saja secara sopan dan pantas bahwa anda tidak sanggup mengerjakan pekerjaan itu dan mungkin ada karyawan lain yang sanggup mengerjakannya dengan lebih baik.Berhenti Belajar dan Merasa Mahir
Ketika karier seseorang sudh mapan dalam jajaran suatu perusahaan atau instansi, biasanya terbentuklah doktrin diri bahwa yang bersangkutan sudah mahir akan pekerjaan. Ialah yang paling handal dalam bidang itu. Persaan semacam ini sanggup menciptakan orang-orang berhenti belajar. Padahal, setiap bidang pekerjaan bersifat dinamis, ada unsur perubahan di dalamnya. Setiap ketika ada kemajuan-kemajuan gres dalam bidang itu. Makara ketika seseorang berhenti berguru alasannya yaitu merasa telah dan paling mahir, maka secara perlahan orang-orang gres akan melibas karier anda. Anda tanpa disadari telah menjadi kadaluarsa alasannya yaitu tidak mengalami pembaharuan kemampuan dan kecakapan. Karena itu, senantiasalah berguru dan jangan alergi dengan teknologi-teknologi terbaru. Cobalah berguru dan mengakrabinya.Demikian beberapa hal yang sebaiknya menjadi perhatian anda ketika berkarier, alasannya yaitu hal-hal tersebut tanpa disadari sanggup menjadi peyakit dalam diri anda dan menghancurkan pekerjaan anda. Apakah anda mempunyai tips-tips lain berkaitan dengan hal-hal yang harus dihindari dalam karier ini? Silakan beropini dan menambahkannya di kolom komentar yang disediakan di bwah artikel ini. Semoga bermanfaat, wassalam. Sumber http://novehasanah.blogspot.com/
Posting Komentar untuk "Tips Sukses Karier: Hal-Hal Yang Harus Dihindari Dalam Pekerjaan"