18 Nilai-Nilai Yang Harus Dimiliki Siswa Atau Anak Bimbing Dalam Pendidikan Huruf
Salam, biar pendidikan kita menjadi lebih baik lagi kedepannya, Pada kesempatan kali ini kami akan membahas ihwal 18 Nilai-nilai yang harus dimiliki siswa. Penguatan pendidikan moral (moral education) atau pendidikan abjad (character education) dalam konteks kini sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang melanda di negara kita. Krisis tersebut antara lain berupa meningkatnya pergaulan bebas, maraknya angka kekerasan belum dewasa dan remaja, kejahatan terhadap teman, pencurian remaja, kebiasaan menyontek, penyalahgunaan obat-obatan, pornografi, dan perusakan milik orang lain sudah menjadi problem sosial yang sampai ketika ini belum sanggup diatasi secara tuntas, oleh alasannya itu betapa pentingnya pendidikan karakter.
Berbicara ihwal abjad sesungguhnya abjad merupakan pilar penting dalam kehidupan bangsa dan negara. Ia menyerupai kemudi dalam kehidupan. Namun dalam kenyatannya, perhatian terhadap abjad yang begitu pentingnya tidak di perhatikan dengan baik bahkan boleh dibilang terabaikan. Seperti dikemukakan sebelumnya bahwa inti pendidikan abjad bukanlah sekadar mengajarkan pengetahuan kepada akseptor didik tentangmana yang baik dan mana yang buruk.
Namun lebih dari itu, pendidikan abjad merupakan proses menanamkan nilai-nilai positif kepada akseptor didik melalui aneka macam cara yang tepat. Pendidikan abjad yang menjadi informasi utama dunia pendidikan ketika ini sebetulnya bukan sesuatu yang baru. Latar belakang menghangatnya informasi pendidikan abjad yaitu cita-cita ihwal pemenuhan sumber daya insan yang berkualitas yang lahir dari pendidikan. Dengan demikian, penanaman pendidikan abjad sudah tidak sanggup ditawar untuk diabaikan, terutama pada pembelajaran di sekolah, di samping lingkungan keluarga dan masyarakat.
Secara umum, nilai-nilai abjad atau budi pekerti ini menggambarkan sikap dan sikap dalam relasi dengan Tuhan, diri sendiri, masyarakat dan alam sekitar. Mengutip dari pendapatnya Lickona (1991), “pendidikan abjad secara
psikologis harus meliputi dimensi kebijaksanaan sehat berlandasan moral (moral reasoning), perasaan berlandasan moral (moral behaviour). Dalam rangka memperkuat pelaksanaan pendidikan karakter, ada 18 nilai-nilai dalam pengembangan pendidikan budaya dan abjad bangsa yang dibentuk oleh Diknas. Mulai tahun pedoman 2011, seluruh tingkat pendidikan di Indonesia harus menyisipkan pendidikan berkarakter tersebut dalam proses pendidikannya.
18 nilai-nilai dalam pendidikan abjad berdasarkan Diknas adalah:
1. Nilai-nilai dalam pendidikan abjad yang pertama Religius Sikap dan sikap yang patuh dalam melaksanakan pedoman agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
2. Nilai-nilai dalam pendidikan abjad yang ke2 Jujur Perilaku yang didasarkan pada upaya mengakibatkan dirinya sebagai orang yang selalu sanggup diandalkan dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
3. Nilai-nilai dalam pendidikan abjad yang ke3 Toleransi Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
4. Nilai-nilai dalam pendidikan abjad yang yang ke4 Disiplin Tindakan yang memperlihatkan sikap tertib dan patuh pada aneka macam ketentuan dan peraturan.
5. Nilai-nilai dalam pendidikan abjad yang yang ke 5 Kerja Keras Tindakan yang memperlihatkan sikap tertib dan patuh pada aneka macam ketentuan dan peraturan.
6. Nilai-nilai dalam pendidikan abjad yang yang ke6 Kreatif Berpikir dan melaksanakan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil gres dari sesuatu yang telah dimiliki.
7. Nilai-nilai dalam pendidikan abjad yang yang ke7 Mandiri Sikap dan sikap yang tidak gampang tergantung pada orang lain dalam menuntaskan tugas-tugas.
8. Nilai-nilai dalam pendidikan abjad yang yang ke8 Demokratis Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
9. Nilai-nilai dalam pendidikan abjad yang yang ke9 Rasa Ingin Tahu Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
10. Nilai-nilai dalam pendidikan abjad yang yang ke10 Semangat Kebangsaan Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
10. Nilai-nilai dalam pendidikan abjad yang yang ke10 Semangat Kebangsaan Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
11. Nilai-nilai dalam pendidikan abjad yang yang ke11 Cinta Tanah Air Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
12. Nilai-nilai dalam pendidikan abjad yang yang ke12 Menghargai Prestasi Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang mempunyai kegunaan bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
13. Nilai-nilai dalam pendidikan abjad yang yang ke 13 Bersahabat/Komunikatif Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang mempunyai kegunaan bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
14. Nilai-nilai dalam pendidikan abjad yang yang ke14 Cinta Damai Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang mempunyai kegunaan bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
15. Nilai-nilai dalam pendidikan abjad yang yang ke15 Gemar Membaca Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca aneka macam bacaan yang memperlihatkan kebajikan bagi dirinya.
16. Peduli Lingkungan Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan membuatkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
17. Peduli Sosial Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi derma pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
18. Tanggung Jawab Sikap dan sikap seseorang untuk melaksanakan kiprah dan kewajibannya, yang seharusnya ia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
Demikian pembahasan ihwal 18 Nilai-nilai yang Harus dimiliki Siswa atau Anak Didik dalam Pendidikan Karakter, biar bermanfaat dan menambah wawasaan anda.
Posting Komentar untuk "18 Nilai-Nilai Yang Harus Dimiliki Siswa Atau Anak Bimbing Dalam Pendidikan Huruf"