Cara Memakai Rumus Excel Dengan Lebih Cepat
Bila anda sering memakai Microsoft Excel niscaya akan banyak terlibat memakai rumus dan fungsi Excel. Dalam penulisan rumus dan fungsi Excel kita dihentikan salah, alasannya yaitu jikalau terjadi kesalahan kecil saja maka akan menghasilan error. Maka dari itu seringkali menjadi usang saat bekerja, terutama yang berafiliasi dengan rumus dan fungsi dakam Excel tersebut.
Sebetulnya ada trik dan cara cepat dalam menuliskan dan memakai rumus dan fungsi Excel yang belum banyak diketahui para pengguna Excel. Dengan memakai cara khusus ini maka selain kerja kita jadi cepat, juga akan terhindar dari kesalahan dalam penulisan rumus dan fungsi Excel tersebut.
Berikut yaitu beberapa tips dan trik cerdas dalam menuliskan dan menerapkan rumus dan fungsi Excel semoga kerja kita semakin cepat dan hemat.
Cara Cepat Menggunakan Rumus Excel Dasar
Yang dimaksud dengan Rumus Excel dasar yaitu Penjumlahan, Rata-Rata, Nilai Terendah, Nilai Tertinggi
Misalnya kita akan mencari nilai jumlah atau rata-rata atau yang lainnya dari data angka menyerupai di bawah ini:
Cara Cepat untuk menjumlahkan:
- Klik pada sel C14 yaitu sel yang akan menjadi daerah untuk hasil penjumlahan dari kolom Nilai 1
- Kemudian Klik pada sajian AutoSum yang ada di pojok kanan atas pada grup Editing
- Maka pada sel C14 secara otomatis akan muncul fungsi =SUM(C3:C13)
- Klik saja tombol Enter
- Maka pada sel C13 kini telah muncul hasil penjumlahan
Cara Cepat untuk Mencari Rata-Rata:
- Klik pada sel C15 yaitu sel yang akan menjadi daerah untuk hasil rata-rata dari kolom Nilai 1
- Kemudian Klik pada segi tiga kecil yang ada di samping kanan sajian AutoSum yang ada di pojok kanan atas pada grup Editing
- Pilih pada Average
- Maka pada sel C14 secara otomatis akan muncul fungsi =SUM(C3:C14)
- Silakan ganti alamat sel C14 menjadi C13, alasannya yaitu nilai rata-rata yang kita ambil hanya dari sel C3 hingga dengan C13
- Klik saja tombol Enter
- Maka pada sel C14 muncul nilai rata-rata dari kolom Nilai 1
Demikian pula untuk menghitung nilai tertinggi, nilai terendah dan Count Numbers, caranya sama tinggal mengganti alamat sel yang terakhir
Cara Membuat Rumus Excel Otomatis dengan Tabel
Cara yang lebih cepat, mudah dan hemat waktu dalam memasukkan rumus dan fungsi Excel yaitu dengan mengkonversi daftar data anda menjadi tabel Excel.
Misalkan anda mempunyai daftar data menyerupai di bawah ini
Misalkan anda mempunyai daftar data menyerupai di bawah ini
- Klik pada sel A2 yang merupakan ujung atas kiri tabel
- Tekan tombol CTRL+T pada keyboard untuk menciptakan tabel otomatis, maka akan muncul kotak obrolan Create Table menyerupai di bawah ini
- Beri tanda ceklis pada My table has headers
- Kemudian klik tombol OK, maka tabel akan berubah menyerupai di bawah ini
- Klik pada sel E3 yaitu pada bab kolom "Hasil" paling atas
- Klik tab Home, kemudian klik pada menu AutoSum, untuk menentukan salah satu fungsi dasar Excel yang ingin diterapkan
- Lalu tekan tombol Enter pada keyboard
- Maka secara otomatis semua sel yang ada di bawahnya berapa pun banyaknya akan terisi secara otomatis dengan rumus yang sama, jadi tidak perlu di-copy apalagi diketik ulang.
Jika anda ingin memakai rumus atau fungsi Excel yang lainnya yang tidak tersedia pada sajian AutoSum, menyerupai perkalian, pembagian, pengurangan atau rumus dan fungsi Excel lainnya, silakan ketikan secara manual hanya pada sel paling atas dari kolom "Hasil". Setelah menekan tombol Enter maka semua sel di bawahnya akan terisi secara otomatis dengan rumus atau fungsi Excel yang sama.
Cara Menulis Rumus Excel dengan Cepat
1. Jangan Menuliskan Tanda Kurung Tutup Bila anda menuliskan rumus atau fungsi Excel secara manual, contohnya fungsi =SUM(B3:B10), anda tidak perlu lagi menuliskan tanda kurung tutup di simpulan fungsi Excel tersebut. Cukup =SUM(B3:B10 tanpa tanda kurung tutup, kemudian Enter. Maka secara otomatis Microsoft Excel akan menambahkan tanda kurung tutup pada rumus fungsi yang anda tuliskan.
Cara menuliskan fungsi Excel cepat menyerupai di atas berlaku juga untuk semua rumus atau fungsi yang memakai tanda kurung. Seperti contohnya pada fungsi budi bertingkat menyerupai berikut ini:
Anda tidak perlu menuliskan empat tanda kurung di simpulan rumus.
2. Cara Menghindari Kesalahan Penulisan Rumus dan Fungsi Excel
Karena terburu-buru dan kurang teliti, sering terjadi salah dalam menuliskan fungsi Excel. Maka untuk menghindari kesalahan tersebut, gunakan fitur Formula AutoComplete yang ada di dalam Excel.
Misalnya anda mau memakai fungsi COUNTIF, jikalau anda merasa ragu bagaimana menulis fungsi COUNTIF yang benar, silakan tuliskan saja dulu =C atau =CO atau =COU maka secara otomatis Excel akan menampilkan semua fungsi yang diawali dengan COU menyerupai di bawah ini:
- Silakan tekan tombol tanda panah ke bawah atau ke atas pada keyboard untuk menentukan nama fungsi Excel yang tepat
- Tekan tombol TAB pada keyboard untuk memilih
- Secara otomatis Excel akan menampilkan rumus fungsi yang anda pilih berikut tanda kurung buka, menyerupai ini: =COUNTIF(
- Silakan masukkan rentang sel yang diinginkan
Untuk memasukkan rentang nama sel anda dapat melakukannya dengan banyak sekali cara:
- Ditulis secara manual, contohnya sesuai gambar teladan di atas: C3:C7
- Diblok mulai dari sel C3 hingga dengan C7
- Bisa juga dengan cara, klik C3 ketikan tanda titik dua (:) kemudian klik lagi C7
Jika sel yang dipilih secara acak:
- Tekan dan tahan tombol CTRL pada keyboard
- Kemudian klik satu persatu sel yang dipilih
Sampai di sini dulu Tutorial Cara Cepat Menggunakan Rumus dan Fungsi Excel, nanti kita lanjut pada tips dan trik Excel lainnya. Semoga tutorial ini bermanfaat, jikalau ada saran atau pertanyaan silakan tuliskan dalam komentar. Dengan bahagia hati BossTutorial akan membalas secepat yang kami bisa.
Terimakasih sudah mampir ke di https://www.bosstutorial.com
Posting Komentar untuk "Cara Memakai Rumus Excel Dengan Lebih Cepat"