Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bias Item (Butir) Soal Suatu Tes

Bias Pada Item Soal Sebuah Tes

“Soal nomor 22 itu bias” kata seorang teman saat kami mencermati sebuah tes yang disusun secara gotong royong dalam sebuah lembaga MGMP. Hmm... apa itu bias? Apa maksudnya ya?

Mungkin anda sudah tahu apa yang dimaksud mitra aku tadi dengan menyampaikan bahwa salah satu soal, yaitu nomor 22 dari sejumlah soal yang menyusun tes itu bias. Anda mungkin juga sudah pernah mendengar istilah “bias” itu tetapi lupa atau kurang ‘ngeh’ apa maksudnya. Nah, begitu juga aku pada mulanya, kemudian
jadilah aku cari informasi sana-sini untuk lebih tahu apa bergotong-royong yang dimaksud dengan “bias” pada soal penyusun sebuah tes.

Suatu kumpulan item (soal-soal) yang menyusun sebuah tes (misalnya ujian)  sanggup mengandung soal yang bias, alasannya yaitu bersifat tidak objektif, tidak adil, dan memihak terhadap sekelompok siswa. Akibatnya dua kelompok siswa yang mempunyai kemampuan sama akan memperoleh nilai yang berbeda. Nah, itulah yang dimaksud dengan bias. Hal ini tidak hanya merugikan sekelompok siswa saja, akan tetapi juga sanggup membawa akhir yang lain alasannya yaitu sebuah tes sanggup mempunyai majemuk fungsi dan tujuan.

Ketika sebuah soal bias, dia sanggup merugikan sekelompok siswa dengan gender, agama, suku, sosial, dan ekonomi berbeda dan menguntungkan kelompok lainnya, padahal bergotong-royong kedua kelompok siswa itu mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang sama. Bias sanggup muncul alasannya yaitu soal tidak valid misal dalam hal konstruksi soal atau konten yang kurang cocok untuk sekelompok siswa tertentu.
 kata seorang teman saat kami mencermati sebuah tes yang disusun secara bersama Bias Item (Butir) Soal Suatu Tes

Misalnya saja, saat sebuah item soal Bahasa Inggris menguji perihal kemampuan berbahasa Inggris siswa SMP, akan tetapi saat untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris perihal simple past tense dipakai bahan (konten) yang berkaitan dengan budaya Banjar perihal Mamanda, maka siswa dari etnis selain suku Banjar akan kesulitan menjawabnya alasannya yaitu mereka tidak punya pengetahuan perihal kesenian tradisional suku Banjar Mamanda tersebut. Nah, soal menyerupai ini telah memunculkan bias alasannya yaitu adanya perbedaan suku. Siswa dari etnis Banjar akan diuntungkan sedangkan siswa lainnya akan dirugikan walaupun mereka intinya mempunyai kemampuan berbahasa Inggris memakai simple past tense yang sama (sebanding).


Sumber http://novehasanah.blogspot.com/

Posting Komentar untuk "Bias Item (Butir) Soal Suatu Tes"