Pengetahuan Pedadogis Bahan Ajar
apakah anda guru yang bisa menginspirasi siswa? |
Pengetahuan Pedadogis Materi Ajar
Kali ini, aku ingin menulis sebuah goresan pena yang sedikit teoritik. Semoga tidak bosan membacanya ya.. he..he.. Kita akan membahas wacana pentingnya seorang guru menguasai konten (materi ajar) sekaligus menguasai pedogogis (cara mengajar yang baik-dalam kaitan dengan ilmu psikologi pendidikan untuk anak). Jika bapak dan ibu guru ingin menjadi guru yang hebat, luar biasa, dan bisa menginspirasi, maka inilah rumus yang harus diterapkan: guru jago = penguasaan konten + penguasaan pedagogi
Cara Mengajar Versus Pengetahuan
Beberapa dari kita mungkin pernah bertemu dengan guru hebat, luar biasa, dan bisa menginspirasi. Guru tersebut begitu memahami bahan yang sedang diajarkan, sehingga sebagian dari kita mungkin akan berasumsi bahwa pengetahuan dan pemahaman dia yang luar biasa wacana bahan bimbing itulah yang menciptakan dia istimewa. Sebenarnya, ini bisa benar tetapi bisa juga salah. Karena bergotong-royong guru yang hebat, luar biasa, dan bisa menginspirasi itu yakni guru yang selain menguasai bahan bimbing dengan sangat baik, ia juga tahu dan bisa bagaimana mengajarkan bahan bimbing itu dengan baik. Ya, guru hebat, luar biasa, dan bisa menginspirasi punya kedua-duanya. Oleh lantaran itu, sebagian dari kita mungkin pernah pula berjumpa dengan seorang guru yang memiliki pengetahuan yang luar biasa wacana suatu bahan ajar, tetapi gagal menciptakan siswanya memahami bahan bimbing tersebut.Apakah Pengetahuan Pedagogis wacana Konten (Materi Ajar)
Apakah pengetahuan pedagogis wacana konten itu? Pengetahuan pedagogis wacana konten (materi ajar) yakni pengetahuan yang dimiliki (seorang guru) yang berupa kombinasi antara pengetahuannya wacana suatu bahan bimbing (konten) sekaligus bagaimana cara mengajarkan bahan bimbing itu dengan efektif.Tidak akan sanggup disangkal bahwa inilah yang diharapkan untuk menjadi seorang guru hebat, luar biasa, dan bisa menginspirasi. Melalui penguasaannya akan pengetahuan pedagogis wacana bahan ajar, maka ia sanggup menciptakan kelas dan pembelajaran yang dilaksanakannya menjadi hidup. Semua siswa akan secara kasatmata terlibat aktif dalam acara pembelajaran. Tidak banyak waktu terbuang dengan percuma, lantaran setiap menit begitu dinikmati siswa untuk berguru dan bukan untuk melaksanakan hal-hal lain yang tidak berhubungan.
Melalui pengetahuannya akan bagaimana cara mengajarkan suatu bahan bimbing plus penguasaan yang mempuni wacana bahan bimbing itu dengan mendalam akan menciptakan pembelajaran dengan gampang diarahkan oleh guru yang bersangkutan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukannya.
Memang, guru tidak selalu harus mengetahui hal apapun yang menjadi belahan dari bahan pembelajarannya. Akan tetapi, penguasaan yang mendalam, akan bisa membantu guru mengarahkan siswa untuk berguru lebih mudah. Ini bermakna efektifivas dan efisiensi yang lebih baik ketimbang guru yang tidak memahami dengan baik bahan bimbing walaupun menguasai pedagogis dengan mempuni, begitu pula sebaliknya bagi guru yang sangat menguasai pedagogis tetapi tidak memiliki pemahaman yang baik akan bahan ajar. Itulah sebabnya, seorang guru profesional dituntut untuk menguasai keduanya: konten dan pedagogik.
Demikian goresan pena wacana pengetahuan pedagogis dan bahan bimbing yang harus dikuasai oleh seorang guru hebat, luar biasa, dan menginspirasi. Semoga bermanfaat. Wassalam.
Baca juga: Sumber http://novehasanah.blogspot.com/
Posting Komentar untuk "Pengetahuan Pedadogis Bahan Ajar"