Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Hakikat Pembelajaran

Salam, pada kesempatan kali ini saya akan membahas apa itu sih yang namanya pembelajaran. Bagi kalangan pendidikan hal ini sudah biasa kita dengar, Karena kita semua memang yaitu pelaku dari pendidikan itu sendiri artinya kita yaitu stakeholder dari pendidikan itu sendiri. Dalam dunia pendidikan kita kenal istilah yang namanaya belajar, pembelajaran maupun pendidikan namun apakah kita memahami apa itu belajar, pembelajaran maupun pendidikan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas perihal Apa itu pembelajaran?.

Pembelajaran yaitu proses interaksi penerima didik dengan pendidik dan sumber berguru pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan derma yang diberikan pendidik semoga sanggup terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan , penguasaan kemahiran dan sopan santun , serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada penerima didik. Dengan kata lain, pembelajaran yaitu proses untuk membantu penerima didik semoga sanggup berguru dengan baik. Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang insan serta sanggup berlaku di manapun dan kapanpun. Pembelajaran memiliki pengertian yang seakan-akan dengan pengajaran, walaupun memiliki konotasi yang berbeda. Pembelajaran yaitu pemberdayaan potensi penerima didik menjadi kompetensi. Kegiatan pemberdayaan ini tidak sanggup berhasil tanpa ada orang yang membantu. 

Dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 20 dinyatakan bahwa Pembelajaran yaitu Proses interaksi penerima didik dengan pendidik dan sumber berguru pada suatu lingkungan belajar.

Baca juga: Hakikat Belajar

Adapun pengertian pembelajaran berdasarkan para ahli:
Menurut Dimyati dan Mudjiono (Syaiful Sagala, 2011: 62) pembelajaran yaitu kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk menciptakan berguru secara aktif, yang menekankan pada penyediaan sumber belajar.

(E.Mulyasa,2003) Pembelajaran pada hakekatnya merupakan proses interaksi antara siswa dengan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan sikap ke arah lebih baik. Selama proses pembelajaran, kiprah guru yang paling utama yaitu mengkondisikan lingkungan berguru semoga menunjang terjadinya perubahan sikap bagi siswa.  

Menurut Gagne sebagaimana yang telah dikemukakan oleh Nazarudin (2007:162) pembelajaran sanggup diartikan sebagai seperangkat kegiatan bencana eksternal yang dirancang untuk mendukung proses berguru yang sifatnya internal. 

Menurut Nazarudin (2007:163) pembelajaran yaitu suatu bencana atau situasi yang sengaja dirancang dalam rangka membantu dan mempermudah proses berguru dengan cita-cita sanggup membangun kreatifitas siswa.

Konsep pembelajaran berdasarkan Corey (Syaiful Sagala, 2011: 61) yaitu suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laris tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respons terhadap situasi tertentu, pembelajaran merupakan subset khusus dari pendidikan. 

Baca juga: Hakikat Pendidikan

Pembelajaran mengandung arti setiap kegiatan yang dirancang untuk membantu seseorang mempelajari suatu kemampuan dan nilai yang baru. Proses pembelajaran pada awalnya meminta guru untuk mengetahui kemampuan dasar yang dimiliki oleh siswa mencakup kemampuan dasarnya, motivasinya, latar belakang akademisnya, latar belakang ekonominya, dan lain sebagainya.kesiapan guru untuk mengenal karakteristik siswa dalam pembelajaran merupakan modal utama penyampaian materi berguru dan menjadi indikator suksesnya pelaksanaan pembelajaran. 

Dapat ditarik kesimpulan bahwa Pembelajaran yaitu perjuangan sadar dari guru untuk menciptakan siswa belajar, yaitu terjadinya perubahan tingkah laris pada diri siswa yang belajar, dimana perubahan itu dengan didapatkannya kemampuan gres yang berlaku dalam waktu yang relative usang dan alasannya yaitu adanya usaha.

Sekian pembahasan perihal pengertian pembelajaran, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda..

Posting Komentar untuk "Pengertian Dan Hakikat Pembelajaran"