Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Melamar Pekerjaan Secara Online

Tips Melamar Pekerjaan Secara Online


Saat ini, ketika dunia sudah begitu terhubung dengan internet, banyak hal sanggup dilakukan dengan mudah. Salah satunya ialah menemukan lowongan pekerjaan, melamar pekerjaan, hingga bekerja secara online. Pada artikel ihwal karier kali ini, saya ingin mengajak anda yang mungkin sedang berupaya melamar pekerjaan secara online untuk mencermati tips sukses melamar kerja secara online.
 ketika dunia sudah begitu terhubung dengan internet Tips Melamar Pekerjaan Secara Online
melamar kerja secara online

Beberapa perusahaan atau instansi dikala ini suka mengumumkan kepada publik lowongan pekerjaan yang melalui internet. Bagi perusahaan yang bersangkutan, tentu ada nilai-nilai plus yang mereka peroleh ketika memberikan pengumuman secara online, hingga perekrutan pegawai gres secara online. Biasanya, ini ialah tahapan awal sebelum anda sanggup mengikuti seleksi pegawai gres pada tahap berikutnya, contohnya wawancara (interview).

Baca juga:

Tips Sukses Wawancara Kerja
Tips Wawancara Kerja: Tunjukkan 5 Hal ini Agar Sukses

Berikut ialah tips-tips yang dimaksud:

Tips 1. Gali Informasi ihwal Perusahaan yang Akan Dibidik

Ketika anda menemukan info perekrutan karyawan gres secara online, anda sanggup segera browsing untuk mencari info secara lebih mendetail mengenai perusahaan tersebut. Anda sanggup mengecek apakah jenis lowongan kerja yang ditawarkan memang cocok untuk anda atau tidak. Jika memang merasa posisi yang ditawarkan menarik, carilah info lebih jauh ihwal perusahaan itu. Hal ini perlu dilakukan ketika perusahaan atau instansi yang bersangkutan lokasinya bukan di tempat anda berdomisili dan anda mungkin saja belum pernah mengenal atau mendengar nama perusahaan tersebut. Jika memang demikian, anda juga harus sedikit berhati-hati. Telitilah perusahaan tersebut apakah memang benar-benar eksis. Perusahaan yang memberikan pengumuman lowongan pekerjaan di internet pada umumnya juga mempunyai website resmi di mana anda sanggup menemukan info yang anda butuhkan ihwal profil perusahaan tersebut. Sekedar mengingatkan, sanggup saja lowongan pekerjaan itu sekedar dibentuk oleh orang yang tak bertanggungjawab dan melaksanakan penipuan. Perhatikan bagaimana pengumuman diberikan, apakah cukup jelas, bonafid, dan kredibel.


Tips 2. Batas Waktu Mengirim Surat Lamaran Kerja

Ketika anda telah yakin bahwa lowongan pekerjaan yang diumumkan secara online itu valid, maka anda harus segera mencatat info yang diberikan. Perhatikanlah batas waktu pengiriman surat lamaran pekerjaan yang diberikan mencakup hari, tanggal, jam, hingga alamat dan detail lainnya. Jangan hingga anda keliru alasannya hal yang sepele yang sanggup berakibat harapan pekerjaan anda disikat pelamar lain.

Tips 3. Siapkan Segala Jenis File (Berkas) yang Diperlukan untuk Dilampirkan

Ketika melamar pekerjaan secara online, anda umumnya tidak hanya diminta sekedar menulis surat lamaran kerja saja. Biasanya, ada file-file lain yang harus anda upload sebagai berkas tambahan. Oleh alasannya itu, siapkanlah berkas-berkas atau file tersebut dengan baik dan rapi. Bukan hanya dari segi pengetikan atau scan kartu identitas, tapi juga penamaan file tersebut sehingga memudahkan penyedia lowongan pekerjaan tersebut dalam menangani berkas anda.

Tips 4. Tulis Resume Riwayat Hidup yang Sesuai dan Jujur

Hampir semua perusahaan yang memberikan lowongan pekerjaan secara online meminta anda menuliskan resume atau riwayat hidup kepada calon pelamar. Perhatikan bagaimana petunjuk penulisan resume riwayat hidup yang diminta. Biasanya mereka akan memberikan contoh tertentu ibarat jumlah halaman maksimal, jenis font, spasi, hingga ukuran kertas yang dipakai. Paling penting, tulislah resume anda secara jujur. Jangan berlebih-lebihan dan menambahkan hal-hal yang tidak ada pada diri anda.

Tips 5. Konstruksi Surat Lamaran Pekerjaan

Seperti juga menulis resume, konstruksi surat lamaran pekerjaan anda harus sempurna. Ketika anda melamar pekerjaan secara online, umumnya perusahaan juga meminta anda menulis surat lamaran. Jika memang demikian, maka bagaimana nasib lamaran anda terhadap lowongan pekerjaan tersebut akan pertama kali ditentukan oleh bagaimana cara anda menulis surat lamaran. Konstruksi surat lamaran anda harus sesuai dengan kaidah kebahasaan formal. Pada surat lamaranlah pertama kali tim seleksi akan menyortir lamaran-lamaran yang masuk kepada mereka.

Tips 6. Isi Formulir Secara Hati-Hati dan Lengkap

Nah, poin terakhir ini juga sangat penting. Ketika melamar pekerjaan secara online, biasanya anda akan diminta mengisi suatu formulir online. Sebelum mengisinya, pastikan anda telah memperhitungkan jumlah karakter (huruf) yang sanggup anda masukkan. Rancang terlebih dahulu apa yang akan isikan pada kolom-kolom yang disediakan. Perhatikan gejala khusus (misalnya tanda asterik *) yang mungkin ditambahkan diujung kolom. Umumnya tanda itu diberikan sebagai petunjuk bahwa itu ialah kolom yang wajib anda isi. Beberapa kolom mungkin sifatnya hanya diisi kalau anda memang mempunyai info penting yang sanggup ditambahkan. Jangan hingga ada kolom penting dan wajib isi yang terlewatkan sebelum anda mensubmit formulir tersebut.

Demikian beberapa tips untuk anda yang sedang mencoba melamar pekerjaan secara online. Semoga bermanfaat dan sukses diterima di tempat kerja yang anda idamkan. Wassalam.


Baca Juga:
Beberapa Tips Sebelum Anda Memutuskan Berhenti Kerja
Jenis-Jenis Pegawai yang Populer Di Tempat Kerja
Ada Apa dengan 5 Menit Pertama Wawancara Kerja?
Akuntabilitas, Tanggung Jawab, dan Karier
Sumber http://novehasanah.blogspot.com/

Posting Komentar untuk "Tips Melamar Pekerjaan Secara Online"