Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teori-Teori Berguru Anutan Behavioristik

Teori-Teori Belajar Aliran Behavioristik


Teori-teori berguru dari aliran behavioristik (tingkah laku)  ialah teori wacana berguru insan yang mengemukakan bahwa seseorang akan berguru alasannya adanya reward (penghargaan) dan penguatan (reinforcement). Suatu sikap berdasarkan teori ini akan tidak boleh kalau diberikan eksekusi (punishment). Adanya stimulus atau rangsangan berupa penghargaan dan penguatan serta eksekusi ini akan mengakibatkan respon (tanggapan), sehingga pada teori berguru behavioristik dikenal istilah stimulus-respon. Respon bisa sikap diteruskan atau dihentikan. Psikologi yang mempelajari teori behavioristik ini menganggap bahwa sebagai bukti seseorang sudah belajar, maka terjadi perubahan tingkah laku.

teori berguru dari aliran behavioristik  Teori-Teori Belajar Aliran Behavioristik
Teori-Teori Belajar Aliran Behavioristik


Orang yang pertama mencetuskan teori behavioristik yaitu Gage dan Berliner. Menurut mereka perubahan tingkah laris (yang ialah bentuk belajar) itu terjadi alasannya seseorang memiliki pengalaman akan hal itu. Teori-teori di psikologi behavioristik balasannya membentuk aliran besar dalam psikologi berguru dan dikenal dengan aliran behavioristik.

Pada praktiknya di kelas, guru mengajar dan ini ialah bentuk pinjaman stimulus. Kemudian siswa akan mempersembahkan respon. Sampai ketika ini, aliran behavioristik masih memiliki imbas yang besar dalam pendidikan dan pembelajaran di sekolah sekolah.

Ada banyak tokoh psikologi pendidikan yang kuat yang mendukung dan memperkuat teori behavioristik oleh Gage dan Berliner. Misalnya Thorndike, Watson, Clark Hull, Edwin Guthrie, sampai B.F. Skinner


Teori Belajar Behavioristik Menurut Thorndike

Belajar berdasarkan Thorndike ialah sebuah proses yang saling berkaitan antara stimulus dengan respon. Ada koneksi antara stimulus dengan respon. Teori behavioristik yang dikemukakan Thorndike seringkali disebut sebagai Teori Koneksionisme. Yang dimaksud dengan stimulus oleh Thorndike yaitu segala hal yang sanggup memicu terjadinya aktivitas belajar, contohnya perasaan, pikiran, penglihatan, pendengaran, penciuman, dan hal-hal lainnya sebagai tangkapan dari panca indera manusia. Sementara respon, berdasarkan Thorndike ialah bentuk-bentuk reaksi yang akan diberikan oleh insan atau siswa ketika mereka berguru setelah memperoleh stimulus. Respon sanggup berupa pemikiran, perasaan, tindakan atau gerakan gerakan. Menurut Thorndike, hasil berguru bersifat konkret, sehingga sanggup diamati atau sanggup pula bersifat abnormal sehingga sulit atau tidak sanggup diamati.


Thorndike merumuskan 3 buah aturan terkait proses belajar, yaitu  (1) aturan efek; (2) aturan uji coba dan tes dan (3) aturan kesiapan. Ketiga aturan ini dirumuskan oleh Thorndike untuk mempersembahkan menjelaskan bagaimana hal-hal tertentu sanggup memperkuat respon (belajar) pada seseorang.

Teori Belajar Behavioristik Menurut Watson

Ada perbedaan antara teori behavioristik yang diajukan oleh Thorndike dengan teori behavioristik yang dikemukan oleh Watson. Seperti halnya Thorndike, Watson juga menganggap bahwa berguru yaitu suatu proses interaksi antara stimulus dan respon. Akan tetapi, tidak sama dengan Thorndike bahwa stimulus dan respon dalam proses berguru itu harus bisa diamati dan sanggup diukur. Kaprikornus stimulus dan respon bersifat nyata dan riil. Walaupun demikian Watson tetap menyetujui bahwa juga terdapat perubahan-perubahan mental dalam diri seseorang ketika ia melaksanakan proses belajar. Menurut Watson perubahan-perubahan mental yang terjadi selama proses berguru itu tidak perlu diperhatikan alasannya sifatnya yang abnormal sehingga tidak akan sanggup diamati.

Teori Belajar Behavioristik Menurut Clark Hull

Teori evolusi Darwin pada masanya memang sangat kuat sampai ke psikologi. Jejaknya sanggup kita lihat pada teori behavioristik berdasarkan Clark Hull. Menurut Clark Hull, proses berguru yang dilakukan seseorang (bahkan makhluk hidup lainnya) dilakukan untuk semata bertahan hidup. Ada dorongan biologis dari dalam diri seseorang untuk belajar. Dalam menjelaskan proses berguru ini ia juga percaya bahwa stimulus dan respon yaitu dua hal yang saling berhubungan. Walaupun stimulus untuk berguru intinya untuk kepentingan bertahan hidup secara naluriah, akan tetapi berdasarkan Clark Hull bentuk respon yang dihasilkan sebagai bentuk hasil berguru itu bisa sangat bermacam-macam.


Teori Belajar Behavioristik Menurut  Guthrie



Guthrie yaitu penganut teori behavioristik juga. Teori berguru yang dikemukakannya juga mengacu pada relasi antara stimulus respon yang digabungkan dengan gerakan. Stimulus-respon dipakai Guthrie untuk menjelaskan bagaimana seseorang melaksanakan proses belajar. Menurutnya berguru akan terjadi ketika gerakan terakhir yang dilakukan mengubah situasi stimulus sementara tidak terjadi lagi respon. Bagi Guthrie adanya reinforcement atau penguatan bersifat melindungi hasil berguru yang gres saja didapat supaya tidak gampang hilang. Penguatan atau reinforcement diberikan dalam rangka pencegahan adanya respon baru. Selain itu eksekusi atau punishment sangat penting untuk proses berguru seseorang. Apabila diberikan dengan tepat, maka eksekusi akan bisa mengubah atau menghentikan suatu tingkah laku, dan iniga ialah bentuk belajar. Teori berguru behavioristik yang dikemukakan oleh Guthrie ini dikenal juga dengan teori kontinguiti.

Teori Belajar Behavioristik Menurut B.F. Skinner

B.F. Skinner mengajukan teori yang lebih gampang dipahami alasannya konsepnya sederhana dan ia mengaitkan proses berguru melalui stimulus-respon ini dengan lingkungan. Stimulus dan respon yang berinteraksi di dalam suatu lingkungan akan memicu proses berguru pada seseorang. Demikian pendapat Skinner. Proses berguru berdasarkan skinner terjadi ketika stimulus-stimulus diberikan kepada seseorang yang berinteraksi dengan lingkungannya, sehingga memungkinkan munculnya respon-respon yang tidak sama pula. Setiap respon yang diberikan oleh seseorang selalu menuai konsekuensi yang tidak sama satu sama lain. Melalui adanya konsekuensi-konsekuensi yang dihadapi inilah kemudian seseorang akan berguru yang ditandai dengan perubahan tingkah lakunya. Penjelasan Skinner yang lebih komprehensif wacana bagaimana proses berguru melalui interaksi stimulus-respon dan lingkungan serta konsekuensinya ini dianggap sangat komprehensif, sehingga wajarlah kalau di antara sekian teori teori berguru yang menganut paham behaviorisme ini menjadi paling terkenal di kalangan jago psikologi pendidikan.

Teori Belajar Behavioristik, Kelemahan, Kritik, Kelebihan dan Perperihalan-Perperihalan
Teori behavioristik mempersembahkan andil yang sangat besar dalam dunia pendidikan. Salah satunya yaitu perlunya mempersembahkan penguatan (reinforcement) dalam proses berguru seseorang. Teori behavioristik juga yang pertama kali menyarankan untuk memecah-mecah kurikulum menjadi bagian-bagian kecil yang disusun secara hirarkis dan sistematis untuk memudahkan belajar. Setiap pengetahuan atau keterampilan kompleks harus dibagi-bagi menjadi unit-unit pengetahuan atau keterampilan yang lebih kecil sehingga lebih gampang dipelajari.

Salah satu kelemahan teori berguru behavioristik yaitu ketidakmampuannya dalam menjelaskan bagaimana sesungguhnya proses berguru yang sedemikian kompleks itu. sesuai dengan yang sekarang disadari dan diketahui banyak jago psikologi pendidikan bahwa proses berguru tidaklah sederhana sekedar keterkaitan antara stimulus dan respon. Ada banyak bukti bahwa suatu stimulus tidak sanggup mempersembahkan respons sesuai dengan yang yang diharapkan. Untuk eksekusi (punishment), banyak pula jago psikologi pendidikan yang tidak sependapat alasannya berdasarkan mereka pinjaman eksekusi pada umumnya tidaklah mempersembahkan respon yang tetap, biasanya tidak sanggup bertahan lama. Sementara itu dampak negatif eksekusi sangatlah jelek bahkan bisa berakibat fatal. Beberapa eksekusi malah mendorong pembelajar untuk melaksanakan tindakan atau respon yang lebih jelek lagi.

Skinner memang tidak sama pandangan dengan Guthrie mengenai hukuman. Jika Guthrie menganggap eksekusi sangat penting untuk membentuk respon yang diinginkan dalam proses belajar, maka Skinner lebih menganjurkan untuk mempersembahkan penguatan negatif. Istilahnya memang tidak sama dan memiliki pengertian yang tidak sama pula. Contoh lengkap nya menyerupai ini, kalau penguatan yang diberikan (selanjutnya disebut sebagai penguatan positif) yaitu mempersembahkan waktu istirahat yang lebih panjang bagi siswa yang berhasil menuntaskan kiprah dengan cepat, maka untuk penguatan negatifnya yaitu siswa akan mendapat waktu istirahat yang lebih pendek kalau mereka berlambat-lambat dalam menuntaskan tugas. Sebuah konsep yang tidak sama antara eksekusi dengan penguatan negatif.

Baca Juga:
Mengapa Guru Harus Memahami Psikologi Pendidikan
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Kognitif


Sumber http://novehasanah.blogspot.com/

Posting Komentar untuk "Teori-Teori Berguru Anutan Behavioristik"