Format Dan Teladan Laporan Acara Terbaru
Format dan Contoh Laporan Kegiatan - Laporan kegiatan yaitu laporan yang disusun sesudah kegiatan tamat dilaksanakan. Laporan ini dibentuk oleh sekelompok atau perorangan yang bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan tersebut. Laporan ini dipakai sebagai materi pertanggungjawaban kepada pemberi mandat, atasan atau pun sponsor kegiatan tersebut. Selain itu, laporan ini juga sebagai alat bukti bahwa kegiatan tersebut telah tamat dilaksanakan. Laporan kegiatan harus ditulis dengan sistematis, dan terang sehingga sanggup dengan gampang dipahami oleh pembacanya.
Manfaat Laporan Kegiatan
Selain sebagai laporan pertanggungjawaban, laporan kegiatan juga mempunyai manfaat sebagai berikut ini :
1. Laporan kegiatan sanggup dipakai sebagai materi penilaian untuk pelaksanaan kegiatan selanjutnya.
2. Laporan kegiatan sanggup dipakai sebagai dokumen atau arsip kegiatan suatu organisasi yang telah dimasukkan ke dalam aktivitas rencana kerja.
3. Laporan kegiatan sanggup dipakai sebagai bukti bahwa kegiatan tersebut telah berlangsung.
Format Laporan Kegiatan
Laporan kegiatan mempunyai format atau susunan sebagai berikut ini :
I. Pendahuluan
1. Latar Belakang Kegiatan
2. Maksud dan Tujuan Kegiatan
II. Isi Laporan
1. Judul dan tema kegiatan
2. Tempat dan waktu pelaksanaan
3. Peserta kegiatan
4. Susunan Panitia
5. Anggaran
6. Pelaksanaan kegiatan
III. Penutup
Lampiran
Contoh Laporan Kegiatan
Laporan Pertanggungjawaban
Kegiatan Pesantren Kilat
SMAN 3 Suka Maju
I. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Kegiatan
Bulan ramadhan atau yang dikenal dengan bulan suci ramadhan yaitu bulan yang penuh dengan rahmat dan pahala dari Allah SWT. Bulan ini merupakan bulan yang sangat baik untuk beribadah kepada Allah SWT. Hal ini dikarenakan Allah SWT akan memalsukan pahala terhadap amal perbuatan baik yang kita lakukan di bulan ini.
Mengingat pentingnya bulan ini, maka sekolah melakukan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menyambut bulan yang penuh berkah ini. Sekolah telah mengadakan kegiatan yang disebut dengan pesantren kilat. Kegiatan ini perlu dilakukan untuk menumbuhkan rasa semangat siswa – siswi SMAN 3 Suka Maju dalam menyambut bulan ini, sehingga mereka sanggup beribadah dengan semangat di dalam bulan ini.
1.2 Maksud dan Tujuan Kegiatan
Kegiatan pesantren kilat ini dilaksanakan untuk menyambut bulan suci ramadhan. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dogma dan takwa siswa – siswi SMAN 3 Suka Maju supaya sanggup menjalani bulan suci ini dengan semangat.
II. Isi Laporan
2.1. Nama dan Jenis kegiatan
Kegiatan ini yaitu pesantren kilat yang akan dilaksanakan selama 3 hari 2 malam di lingkungan SMAN 3 Suka Maju. Untuk melakukan kegiatan ini, sekolah mewajibkan siswa – siswi SMAN 3 Suka Maju, khususnya siswa - siswi kelas 1 dan 2 untuk menginap di sekolah. Kegiatan ini akan diisi dengan kegiatan – kegiatan keagamaan, dan out bond di lingkungan sekolah dengan dibimbing oleh guru – guru dan OSIS SMAN 3 Suka Maju.
2.2 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Adapun waktu dan kawasan pelaksanaan kegiatan ini yaitu :
Tanggal : Rabu, 3 s.d 5 Juni 2015
Tempat : SMAN 3 Suka Maju
2.3 Peserta Kegiatan
Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa – siswi SMAN 3 Suka Maju yang beragama muslim, khususnya kelas 1 dan kelas 2.
2.4 Susunan Panitia
Susunan panitia kegiatan ini terlampir di lampiran.
2.5. Anggaran
Biaya – biaya pemasukan dan pengeluaran untuk kegiatan ini terlampir di lampiran.
2.6 Pelaksanaan kegiatan
Hari pertama
09. 00 – 12. 00 = Pembukaan Kegiatan
12. 00 – 13. 00 = Ishoma
13. 00 – 15. 00 = Materi ihwal bulan ramadhan
15. 00 – 17. 00 = Istirahat
17. 00 – 18. 00 = Kajian sore
18. 00 – 19.00 = Ishoma
19. 00 – 22.00 = Materi malam
22. 00 – 24.00 = Istirahat malam
04.30 – 05. 00 = Sholat Subuh
05.00 – 06. 00 = Kultum
06. 00 – 07. 30 = Olahraga
07. 30 – 09. 00 = Ishoma
09. 00 – 12. 00 = Materi
12. 00 – 13. 00 = Ishoma
13. 00 – 15. 00 = Outbond
15. 00 – 17. 00 = Ishoma
17. 00 – 18. 00 = Kajian sore
18. 00 – 19. 00 = Ishoma
19. 00 – 22. 00 = Materi malam
22. 00 – 02. 30 = Istirahat
Hari ketiga
02. 30 – 03. 00 = Tahajud
05. 00 – 06. 00 = Sholat subuh dan kultum
06. 00 – 08.00 = Olahraga dan ishoma
08. 00 – 10. 00 = Materi dan muhasabah
10. 00 – 12. 00 = penutup
III. Penutup
Demikanlah laporan kegiatan pesantren kilat ini, agar kegiatan ini sanggup bermanfaat bagi siswa dan siswi yang telah mengikuti kegiatan ini.
Lampiran
Lampiran 1 Susunan Panitia
Penanggung Jawab : Drs. Ibnu Baihaqi, M. pd
Pembimbing : Muzaki Saputra, M. Pd
Ketua Pelaksana : Aria Nugraha
Sekretaris : Fatimah Azzahra
Seksi Acara : Dian Permata
Budi Sudarsono
Cintia Tria Delima
Seksi Konsumsi : Ratih Widia Sari
Nitta Sitta Rahma
Sofie Permata
Seksi Perlengkapan : Chairul Ichwan
Afif Albaironi
Agung Restu
Pubdekdok : Defrian Mustafa
Nivia Anda Ningrum
Lampiran 2 Anggaran
Pemasukan :
Kas Sekolah : 5.000.000,-
Sumbangan Komite : 6.000.000,-
Sponsor
Lasegar : 500.000,-
LBG Kursus : 50. 000,-
Total pemasukan : 11.000.000.-
Pengeluaran :
Div Konsumsi 70 x @15.000 x 7 = 7.350.000,-
Div Acara = 1.500.000,-
Div Perlengkapan = 3.000.000,-
Pubdekdok = 5.00.000,-
Total Pengeluaran = 11.000.000,-
Total Anggaran
Pemasukan = 11.000.000,-
Pengeluaran = 11.000.000,-
Sisa dana = 0,-
Posting Komentar untuk "Format Dan Teladan Laporan Acara Terbaru"