Strategi Mengajar Untuk Meningkatkan Hots Oleh : Djohan Yoga
Perlu disadari bahwa HOTS bukan sekedar soal ujian semata. Hal ini perlu diluruskan mengingat ketika ini ada yang "salah kaprah" sehingga HOTS itu spesialuntuk dianggap soal semata apalagi ketika ini soal-soal HOTS sudah ada di mana2 mulai dari Test PISA, UN dan mulai tahun depan ada pula di SBMPTN.
HOTS itu yaitu sebuah ketrampilan yang harus diasah melalui "proses" pembelajaran sehari hari di kelas. Oleh sebab itu, Strategi Mengajar yang sanggup membuatkan HOTS ini sangat diharapkan oleh guru. Pengembangan HOTS tidak sanggup "instant" melainkan harus step by step dari LOTS ke MOTS dan kesannya ke HOTS. Berikut ini ada sebuah artikel ihwal 10 Strategi Mengajar untuk meningkatkanvHOTS yang sanggup di klik lewat link diberikut ini.
Kalangan pendidikan perlu menyadari bahwa pengembangan HOTS lewat proses pembelajaran jauh lebih efektif dari pada lewat Seminar/Workshop "Penyusunan Soal Berbasis HOTS" yang ketika ini sgt marak di mana2. Teknik2 instant yg digemari dari doloe sampai ketika ini sudah menandakan : Hasil yang diperoleh benar2 TIDAK SEBANDING dengan biaya, waktu dan perjuangan yang sudah dilakukan. Kuncinya : Growth Mindset yang meyakini bahwa hasil yg baik spesialuntuk sanggup diperoleh dari proses yang baik pula. Mendikbud dalam aneka macam peluang jg sudah meminta guru membuatkan pembelajaran berbasis HOTS ibarat ada dalam link diberikut ini.
Dalam pembelajaran di kelas, HOTS sanggup dikembangkan lewat proses "komunikasi dan kolaborasi" (2 dari 4 Ketrampilan Abad ke 21) baik dari guru ke siswa maupun dari siswa ke siswa. melaluiataubersamaini bahan yang sama, pembelajaran sanggup diubah dari LOTS ke HOTS, untuk itu diharapkan pertanyaan2 yang sanggup memandu secara efektif pengembangan HOTS itu yang daftar lengkapnya sanggup dilihat di bawah ini.
Salam HOTS
Artikel ini yaitu Postingan Bapak Djohan Yoga di Akun Facebook Beliau
Posting Komentar untuk "Strategi Mengajar Untuk Meningkatkan Hots Oleh : Djohan Yoga"