Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komponen-Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Kurikulum 2013

Salam, pada kesempatan kali ini kami akan membahas perihal Komponen-komponen planning pelaksanaan pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013. Sebagai seorang guru kita diharuskan untuk menciptakan planning pelaksanaan pembelajaran (RPP) dipakai untuk melaksanakan pembelajaran di kelas secara lengkap dan sistematis semoga pembelajaran bisa efektif, inspiratif, kreatif, menyenangkan, menantang, dan sanggup memotivasi siswa. RPP tersebut dipakai oleh seorang guru sebagai pedoman dalam sebuah pembelajaran. RPP tersebut dipakai semoga apa yang menjadi tujuan dalam sebuah pembelajaran tersebut sanggup tercapai dan pembelajaran juga sanggup efektif. RPP ialah bab terkecil dari sebuah perencanaan pembelajaran. RPP ialah turunan dari silabus. RPP disusun dari KD atau subtema yang dilaksanakan dalam satu atau beberapa pertemuan.

Langsung saja tanpa berlama usang adapun komponen-komponen dalam planning pelaksanaan pembelajaran (RPP) tersebut ialah sebagai berikut:


Komponen-komponen RPP  Kurtilas
1. Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan
2. Identitas mata pelajaran/ subtema
3. Kelas/ Semester
4. Materi pokok
5. Alokasi waktu
Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar. 
6. Kompetensi inti
7. Kompetensi dasar
Kompetensi dasar ialah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai penerima didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai tumpuan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran. 
8. Indikator pencapaian kompetensi
Indikator kompetensi ialah sikap yang sanggup diukur dan/atau diobservasi untuk memperlihatkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi contoh evaluasi mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. 
9. Tujuan pembelajaran
Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil berguru yang diperlukan dicapai oleh penerima didik sesuai dengan kompetensi dasar.
10. Materi didik
Materi didik memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. 
11. Metode pembelajaran
Metode pembelajaran dipakai oleh guru untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran semoga penerima didik mencapai kompetensi dasar suasana berguru dan proses pembelajaran semoga penerima didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode
pembelajaran diubahsuaikan dengan situasi dan kondisi penerima didik, serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran. 
12. Media Pembelajaran 
13. Kegiatan pembelajaran
(1) Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditunjukkan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian penerima didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Dalam kegiatan pendahuluan, guru: menyiapkan penerima didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan bahan yang akan dipelajari, menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, dan memberikan materi  dan klarifikasi uraian kegiatan sesuai silabus.  
(2) Inti 
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi penerima didik untuk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis penerima didik. Kegiatan inti ini dilakukan secara sitematis. pada kurikulum 2013 memakai pendekatan saintifik.

(3) Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri acara pembelajaran yang sanggup dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, evaluasi dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut. Dalam kegiatan penutup, guru: tolong-menolong dengan penerima didik dan/atau sendiri menciptakan rangkuman/simpulan pelajaran; melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram; dan memperlihatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, acara pengayaan, layanan konseling dan/atau memperlihatkan kiprah baik kiprah individual maupun kelompok sesuai dengan hasil berguru penerima didik; dan memberikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
14. Penilaian hasil berguru
Prosedur dan instrumen evaluasi proses dan hasil berguru diubahsuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada Standar Penilaian.
15. Sumber berguru
Penentuan sumber berguru didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta bahan ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.
Sekian Pembahasan mengenai Komponen-komponen planning pelaksanaan pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013, terimakasih semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Komponen-Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Kurikulum 2013"