Tujuan Dan Karakteristik Pendekatan Saintifik
Salam, pada kesempatan kali ini kami akan membahas perihal Tujuan dan Karakteristik Pendekatan Saintifik. Pendekatan Saintifik ialah sebuah pendekatan yang dipakai dalam kurikulum 2013. Pendekatan ini ialah sebuah pendekatan ilmiah (Saintifik) dimana siswa dituntut aktif dalam pembelajaran dan berpikir ilmiah.
Dalam kurikulum 2013 dengan memakai pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa semoga penerima didik secara aktif mengonstruk konsep, aturan atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan banyak sekali teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, aturan atau prinsip yang “ditemukan”. Dengan pendekatan tersebut diharapkan siswa bisa berpikir secara ilmiah dan menerapkannya dalam kehidupan mereka, siswa dituntut aktif bagaimana siswa mengamati, menanya (kritis) dan lain-lainnya.
Langsung saja kita bahas Tujuan dan Karakteristik Pendekatan Saintifik Pendekatan saintifik dimaksudkan untuk menunjukkan pemahaman kepada siswa dalam mengenal dan memahami banyak sekali materi pembelajaran memakai langkah-langkah ilmiah. Pendekatan ini menekankan bahwa gosip sanggup berasal dari mana saja, kapan saja, dan tidak bergantung kepada gosip yang disampaikan guru.
Pendekatan saintifik diarahkan untuk membuat kondisi pembelajaran yang mendorong siswa dalam mencari tahu gosip dari banyak sekali sumber melalui observasi baik eksklusif maupun melalui media, tidak hanya sekedar diberi tahu. Pelaksanaan pembelajaran memakai pendekatan ini bukan berarti tidak membutuhkan tugas guru. Guru sangat diharapkan sebagai pemberi dasar ilmu, pemantik semangat mencar ilmu siswa, dan membimbing pemahaman siswa ke arah yang benar.
Cabang-cabang Pendekatan Saintifik
Menurut Abdul Gafur (2013: 19-20), ada beberapa pendekatan pembelajaran berbasis ilmiah/ saintifik, yaitu:
1) Penerapan pendekatan sistem dan langkah-langkah pemecahan persoalan (problem based learning) 2) Pendekatan sistem (System Approach), pendekatan pemecahan persoalan (Problem Solving Approach), dan perencanaan secara sistematis (Systematic Planning)
Menurut Abdul Gafur (2013: 19-20), ada beberapa pendekatan pembelajaran berbasis ilmiah/ saintifik, yaitu:
1) Penerapan pendekatan sistem dan langkah-langkah pemecahan persoalan (problem based learning) 2) Pendekatan sistem (System Approach), pendekatan pemecahan persoalan (Problem Solving Approach), dan perencanaan secara sistematis (Systematic Planning)
3) Pembelajaran berbasis riset (Research based-teaching)
4) Strategi inkuiri (Inquiry)Baca juga: Pengertian Kurikulum 2013 dan Pola Pikir Kurikulum 2013
Menurut Lazim (2013: 2), ada beberapa karakteristik pembelajaran dengan metode saintifik, yaitu sebagai berikut:
1) Berpusat pada siswa.
2) Melibatkan keterampilan proses sains dalam mengonstruksi konsep, aturan atau prinsip.
3) Melibatkan proses-proses kognitif yang potensial dalam merangsang perkembangan intelek, khususnya keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.
4) Dapat berbagi abjad siswa.
Pembelajaran saintifik di dalamnya mengandung unsur materi pembelajaran. Materi pembelajaran dengan pendekatan saintifik terdiri atas materi faktual, materi konsep, materi prinsip, materi prosedur, dan perilaku (Abdul Gafur, 2013: 8-9).
Sekian pembahan tentang Tujuan dan Karakteristik Pendekatan Saintifik, terimakasih semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.
Posting Komentar untuk "Tujuan Dan Karakteristik Pendekatan Saintifik"