Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp)

Salam, semoga kita semua menerima lindungan yang diatas, dan menjadi pembeharu dalam pendidikan semoga pendidikan menjadi lebih baik lagi, pada kesempatan kali ini saya akan membahas apa itu RPP? dan untuk apa RPP itu di buat! pribadi saja sebelum kita bahas RPP kita paparkan dulu apa itu perencanaan pembelajaran yang nantinya ada kaitannya dengan RPP. Baca juga contoh RPP Tematik dan contoh Penilaian Pembelajaran RPP Tematik
Perencanaan pembelajaran ialah proses penyusunan banyak sekali keputusan pembelajaran yang akan dilaksanakan dalam proses kegiatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan. Perencanaan pembelajaran merupakan bab integral dari komponen pembelajaran. Kegiatan perencanaan dilarang terlepas dari kegiatan-kegiatan yang lain dalam pembelajaran. Oleh alasannya ialah itu, perencanaan pembelajaran juga harus berkaitan dengan kepentingan komponen yang terkait dengan kepentingan komponen yang terkait dengan proses pembelajaran (Wahyuni dan Ibrahim, 2012: 13).  

Melalui perencanaan pembelajaran yang baik, guru akan lebih gampang dalam melaksanakan pembelajaran dan siswa akan lebih terbantu dan gampang dalam melaksanakan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik penerima didik, sekolah, mata pelajaran, dan sebagainya. Dengan perencanaan yang matang sanggup mendorong guru lebih siap melaksanakan kegiatan pembelajaran. Oleh alasannya ialah itu, setiap akan melaksanakan pembelajaran, guru wajib melaksanakan perencanaan. Dengan adanya perencanaan yang baik, maka pelaksanaan pembelajaran akan sanggup berjalan lancar, terarah, dan sistematis. Hal ini sanggup tercapai alasannya ialah kompetensi dasar, materi pokok, indikator, pengalaman belajar, alokasi waktu, sumber, langkah-langkah pembelajaran, dan planning evaluasi telah dirumuskan dengan baik dan digambarkan dengan jelas.
Menurut Kunandar (2011: 263), planning pelaksanaan pembelajaran (RPP) ialah planning yang menggambarkan mekanisme dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan di sini sanggup diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan berguru yang produktif termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh. 

Menurut Wahyuni dan Ibrahim (2012: 69), planning pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. Rencana pembelajaran perlu dilakukan untuk mengkoordinasikan komponen-komponen pembelajaran, yakni: kompetensi dasar, materi pokok, indikator, dan evaluasi berbasis kelas.
Tujuan RPP berdasarkan Kunandar (2011: 264) ialah untuk: (1) mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses berguru mengajar; (2) dengan menyusun RPP secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan bisa melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi kegiatan pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.  Kunandar (2011: 264) menyampaikan bahwa fungsi RPP ialah sebagai contoh bagi guru untuk melaksanakan kegiatan berguru mengajar (kegiatan pembelajaran) semoga lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. Dengan kata lain RPP berperan sebagai skenario proses pembelajaran. Oleh alasannya ialah itu, RPP hendaknya bersifat luwes (fleksibel) dan memberi kemungkinan bagi guru untuk menyesuaikannya dengan respons siswa dalam proses pembelajaran sesungguhnya.
Menurut Kunandar (2011: 265), unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam penyusunan RPP adalah: 
  1. Mengacu pada kompetensi dan kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa, serta materi dan submateri pembelajaran, pengalaman berguru yang telah dikembangkan di dalam silabus;
  2. Menggunakan banyak sekali pendekatan yang sesuai dengan materi yang memperlihatkan kecakapan hidup (life skill) sesuai dengan permasalahan dan lingkungan sehari-hari; 
  3. Menggunakan metode dan media sesuai, yang mendekatkan siswa dengan pengalaman langsung; 
  4. Penilaian dengan sistem pengujian menyeluruh dan berkelanjutan didasarkan pada sistem pengujian yang dikembangkan selaras dengan pengembangan silabus. 
Betapa pentingnya sebuah perencanaan pembelajaran tersebut, perencanaan pembelajaran atau RPP tersebut dipakai oleh seorang guru sebagi pedoman untuk melakuakan pembelajaran di kelas. RPP ialah sebuah bentuk Perencanaan pembelajaran terkecil yang pribadi dipakai sebagai pedoman untuk melaksanakan proses pembelajaran maka dari itu kita dtuntut menciptakan perencanaan yang baik dalam sebuah pembelajaran.

Adapun Komponen-komponen yang ada dalm sebuah (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) RPP  tersebut ialah:
  1. identitas sekolah/madrasah, mata pelajaran atau tema, kelas/semester, dan alokasi waktu;
  2. Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan indikator pencapaian kompetensi; (Tematik), sedangkan KTSP menggunakan SK
  3. materi pembelajaran; 
  4. kegiatan pembelajaran yang mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup; 
  5. media, alat, bahan, dan sumber belajar.
  6. penilaian, pembelajaran remedial, dan pengayaan;

Adapun contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)  Tematik dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) KTSP ialah sebagai berikut: Klik Link di bawah ini
Demikian pembahasan mengenai apa itu RPP dan untuk apa RPP itu di buat, terimakasih semoga bermanfaat.

 


Posting Komentar untuk "Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp)"