Melaksanakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek? Perhatikan Hal-Hal Berikut
Apakah ketika ini bapak dan ibu guru sedang mencoba menerapkan model pembelajaran berbasis proyek di kelas yang bapak dan ibu guru ampu? Dan ini ialah pengalaman pertama, atau bapak dan ibu guru belum terbiasa dengan model pembelajaran ini? Beberapa guru yang telah melaksanakan pembelajaran ini (saya rangkum dari beberapa sumber di internet), ternyata memperhatikan hal-hal berikut ketika melaksanakannya di kelas mereka.
Semua guru yang menunjukkan pengalamannya ini menyatakan bahwa ketika pertama kali atau awal-awal melaksanakan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) di kelasnya bukanlah hal yang mudah. Mereka selalu berguru dari kesalahan-kesalahan dan kelemahan-kelemahan yang mereka buat untuk diperbaiki dan diperkuat pada pembelajaran berikutnya. Mereka menyadari bahwa dengan terus-menerus berguru dalam menerapkan model pembelajaran berbasis proyek, maka pembelajaran berbasis proyek yang mereka lakukan menjadi semakin membaik dari bulan ke bulan dan tahun ke tahun.
Baca Juga:
Guru-guru yang berhasil melaksanakan PjBL memperhatikan hal-hal ini |
Menentukan Tujuan Pembelajaran dengan Jelas
Pada model pembelajaran proyek, beberapa guru yang belum berpengalaman sering mengalami kekecewaan alasannya ialah apa yang mereka harapkan sebagai proses dan hasil pembelajaran siswa belum sebagaimana yang guru harapkan. Berdasarkan pengalaman guru-guru ini, hal tersebut sanggup diperbaiki dengan memilih tujuan pembelajaran secara terang dan disampaikan kepada siswa juga dengan jelas. Makara siswa tahu apa yang anda inginkan dari pembelajaran yang mereka lakukan selama mengikuti pembelajaran. Guru sanggup menunjukkan reviu terhadap hasil pembelajaran berbasis proyek sebelumnya untuk menjelaskan mana hal-hal yang sudah pas dan mana hal-hal yang belum pas, dan apa impian guru gotong royong wacana itu.Perencanaan yang Matang
Sebuah kelas yang melaksanakan model pembelajaran berbasis proyek harus direncanakan dengan matang, baik kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh guru dan siswa maupun perencanaan mengenai sumber-sumber yang akan disediakan untuk siswa memperoleh informasi. Guru terlebih dahulu harus benar-benar mengusut sumber-sumber informasi yang mungkin akan dipakai oleh siswa untuk menuntaskan proyek mereka. Hal ini diharapkan supaya guru sanggup memperkirakan kemana arah proses pembelajaran berbasis proyeknya mengarah. Jika memiliki kemungkinan untuk melenceng dari tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, maka guru telah memiliki planning lain atau cara-cara tertentu supaya pembelajaran kembali ke jalur yang diinginkan.Mengetahui Sampai Di Mana Kemajuan Proyek yang Dilakukan oleh Siswa
Hal ini sangat penting supaya guru sanggup pula memanajemen waktu pembelajaran yang dialokasikan untuk suatu proyek. Penting bagi guru untuk mengetahui apakah kelompok-kelompok siswa yang mengerjakan proyek terlalu lamban dalam bekerja ataukah mereka kehilangan fokus dan menemui kendala dalam penyelesaian proyek mereka.Berikan Acuan Langkah-Langkah atau Target yang Harus Dicapai dalam Hubungan dengan Manajemen Waktu dan Kemajuan proyek
Beberapa guru yang telah berpengalaman melaksanakan model pembelajaran berbasis proyek di kelas mereka menyampaikan bahwa untuk memperkecil hambatan-hambatan atau kemungkinan tidak selesainya proyek berdasarkan deadline (tenggat waktu) yang telah ditetapkan, maka guru sanggup meminta siswa untuk memenuhi sasaran yang dibagi berdasarkan langkah-langkah atau sub-sub kiprah yang harus diselesaikan dalam waktu tertentu. Memiliki target-target pencapaian per subtugas proyek akan membantu siswa supaya lebih gampang memanajemen pekerjaan dan waktu mereka. Hal ini sanggup dilakukan oleh guru dengan pertama-tama membantu mereka menciptakan perencanaan dan penjadwalan proyek.Tunjukkan Rubrik Penilaian Proyek Anda pada Siswa
Hal yang sangat penting sehingga siswa sanggup menuntaskan proyek mereka sesuai dengan impian dan kriteria guru ialah dengan secara gamblang mendiskusikan dan memberitahukan bagaimana rubrik evaluasi anda terhadap proyek mereka. Dengan demikian siswa akan mengetahui dan memahami standar yang anda memutuskan untuk sebuah proyek yang menjadi kiprah mereka.Refleksi Setiap Pembelajaran Berbasis Proyek yang Telah Anda Kerjakan
Guru yang baik selalu merefleksi apa-apa yang telah mereka lakukan sesudah mengajar. Dengan melaksanakan refleksi guru sanggup mencermati apa-apa yang menjadi kekurangan untuk diperbaiki pada pembelajaran berbasis proyek selanjutnya (lainnya), dan tidak lupa pula mencermati apa-apa yang telah anggun dalam pelaksanaan pembelajarannya untuk diterapkan kembali pada pembelajaran berbasis proyek selanjutnya.Semua guru yang menunjukkan pengalamannya ini menyatakan bahwa ketika pertama kali atau awal-awal melaksanakan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) di kelasnya bukanlah hal yang mudah. Mereka selalu berguru dari kesalahan-kesalahan dan kelemahan-kelemahan yang mereka buat untuk diperbaiki dan diperkuat pada pembelajaran berikutnya. Mereka menyadari bahwa dengan terus-menerus berguru dalam menerapkan model pembelajaran berbasis proyek, maka pembelajaran berbasis proyek yang mereka lakukan menjadi semakin membaik dari bulan ke bulan dan tahun ke tahun.
Baca Juga:
- Suasana Kelas dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek yang Sukses
- Tantangan-Tantangan dalam Melaksanakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek
- Kelebihan-Kelebihan Model Pembelajaran Berbasis Proyek
- Langkah-Langkah Model Pembelajaran Berbasis Proyek
- Tips untuk Guru yang Akan Melaksanakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek
Posting Komentar untuk "Melaksanakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek? Perhatikan Hal-Hal Berikut"