Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membangun Teamwork Siswa Dan Pentingnya Menilai Proses Dan Produk

Apakah dalam pembelajaran bapak dan ibu guru, teamwork (kerja tim) dianggap sebagai bab yang penting? Jika memang demikian, maka untuk melaksanakan penilaiannya pun harus memperhatikan hal-hal yang penting dan berpengaruh, sehingga penilaian yang dilakukan tidak hanya berfungsi sebagai penilaian tetapi juga berfungsi sebagai teknik yang berfungsi untuk meningkatkan kerja tim (teamwork) siswa bersama berjalannya waktu.

Masalah yang Muncul Karena Penilaian Team Work

Ada bermacam-macam persoalan yang sanggup muncul saat penilaian teamwork tidak direncanakan dan dijalankan dengan baik. Misalnya saja, siswa yang termasuk siswa yang aktif dan penuh inspirasi dalam teamwork sanggup merasa dirugikan oleh anggota kelompoknya yang kurang aktif dan hanya membisu tanpa banyak memperlihatkan andil untuk pekerjaan kelompoknya. Sementara itu, siswa yang malas dan kurang sanggup memperlihatkan ide-idenya dalam kelompok akan mendapat laba dari penilaian yang demikian. Ini akan jadi sebuah imbas negatif dari pembelajaran yang memakai kelompok-kelompok dalam setting pembelajarannya. Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini?

Apakah dalam pembelajaran bapak dan ibu guru Membangun Teamwork Siswa dan Pentingnya Menilai Proses dan Produk
membangun team work siswa melalui penilaian pembelajaran

Melakukan Penilaian Proses dan Produk

Salah satu prinsip penting semoga penilaian teamwork atau kerja kelompok menjadi lebih baik, guru harus melaksanakan penilaian proses dan produk (kedua-duanya, tanpa mengesampingkan salah satunya). Penilaian proses ialah penilaian yang dilakukan wacana bagaimana siswa bekerja di dalam kelompoknya, sementara penilaian produk ialah penilaian yang dilakukan wacana bagaimana produk atau hasil pekerjaan kelompok yang telah mereka buat.


Penilaian proses sanggup meliputi bermacam-macam hal ibarat proses inovasi inspirasi atau gagasan dan mengkomunikasikannya dengan anggota kelompok yang lain, mendengarkan ide-ide anggota kelompoknya dengan baik untuk melihat adanya kemungkinan perbedaan cara pandang dalam mengerjakan kiprah kelompok atau pemahaman akan suatu konsep, membuatkan kiprah secara adil, menemukan resolusi untuk perbedaan-perbedaan pendapat di dalam kelompok, dan hal-hal lainnya.

Selanjutnya alasannya ialah guru tidak selalu sanggup melihat secara persis bagaimana setiap kelompok bekerja dalam menuntaskan tugasnya, maka guru juga memerlukan instrumen lain yang sanggup membantunya seperti: penilaian kelompok, penilaian pasangan, dan penilaian diri. Evaluasi kelompok berupa penilaian yang dilakukan oleh kelompok yang bersangkutan wacana bagaimana mereka telah bekerja bersama. Evaluasi pasangan ialah bagaimana seorang siswa mengevaluasi kinerja siswa lainnya. Guru sanggup meminta mereka saling mengevaluasi bagaimana kinerja salah satu dari anggota kelompoknya, sementara ia dievaluasi oleh anggota lainnya. Kemudian yang juga tidak kalah penting ialah penilaian diri oleh siswa yang bersangkutan wacana bagaimana kinerjanya di dalam kelompoknya. Semua jenis penilaian ini menekankan kejujuran dari diri semua siswa untuk menjawab apa adanya wacana bagaimana kinerja di dalam kelompok mereka. Evaluasi-evaluasi ini sanggup dibentuk dalam bentuk instrumen berupa skala rating, kuesinoner, essay pendek, untuk memotret salah satu dimensi kinerja kelompok yang dipilih oleh guru untuk dievaluasi. Kaprikornus boleh bersifat kuantitatif boleh bersifat kualitatif.

Perlu dipertimbangkan untuk mengakibatkan penilaian dari siswa baik secara kelompok, pasangan, atau diri sendiri ini sebagai materi untuk dicek silang dengan asesmen yang dilakukan oleh guru sehingga didapatkan hasil yang lebih objektif dan komprehensif wacana bagaimana teamwork siswa. Akhirnya potensi siswa untuk berguru bekerja di dalam sebuah tim sanggup terbangun dan mengalami peningkatan secara berkelanjutan.

Baca Juga:
Contoh Rubrik Penilaian Puisi
Membuat Rubrik Penilaian: Pertanyaan-Pertanyaan Bantuan
Contoh Rubrik Penilaian Pidato
Komponen-Komponen Sebuah Rubrik Penilaian
Sumber http://novehasanah.blogspot.com/

Posting Komentar untuk "Membangun Teamwork Siswa Dan Pentingnya Menilai Proses Dan Produk"