Karakteristik Pembelajaran Pada Kurikulum 2013
Ketika bapak dan ibu guru menerapkan Kurikulum 2013 di kelas pada mata pelajaran yang diampu, maka pembelajaran harus menunjukkan suatu karakteristik khusus. Hal ini penting untuk menjamin bahwa standar proses pembelajaran yang dilakukan benar-benar mengacu pada Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 perihal Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 tersebut. Download Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 perihal Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah ynag diterbitkan untuk implementasi Kurikulum 2013.
Prinsip-Prinsip Pembelajaran yang Sesuai dengan Standar Proses untuk Implementasi Kurikulum 2013
Download Panduan Penilaian Kurikulum 2013 (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK) terbaru Edisi Desember 2015
Sumber http://novehasanah.blogspot.com/
Karakteristik Pembelajaran pada Kurikulum 2013 |
Karakteristik Pembelajaran Menurut Kurikulum 2013
Baiklah, kini marilah kita tinjau bagaimana karakteristik pembelajaran yang dibutuhkan dalam Kurikulum 2013 untuk dilaksanakan di kelas atau mata pelajaran yang bapak dan ibu guru ampu. Perlu diketahui bahwa karakteristik pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 ini sangat berkaitan dengan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan.- sasaran pembelajaran meliputi ranah perilaku (KI 1 dan KI 2), pengetahuan (KI 3), dan keterampilan (KI 4). KI yaitu abreviasi dari Kompetensi Inti yang dimuat dalam Standar Isi
- siswa atau akseptor didik memperoleh kompetensi untuk ranah perilaku melalui aktivitas: menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, kemudian mengamalkannya
- siswa atau akseptor didik memperoleh kompetensi untuk ranah pengetahuan melalui aktivitas: mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi
- siswa atau akseptor didik memperoleh kompetensi untuk ranah keterampilan melalui aktivitas: mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyajikan, dan mencipta
- pendekatan pembelajaran yang dipakai yaitu pendekatan saintifik (pendekatan ilmiah), pendekatan tematik terpadu (pendekatan tematik antar mata pelajaran), dan pendekatan tematik dalam satu mata pelajaran
- pembelajaran lebih banyak memakai discovery learning (pembelajaran penemuan), pembelajaran inkuiri (inquiry learning), pembelajaran berbasis proyek (project based learning), dan pembelajaran berbasis dilema (problem based learning)
- Peserta didik menghasilkan karya (produk) melalui pembelajaran berbasis proyek (PjBL - Project Based Learning)
- pembelajaran harus diadaptasi dengan tingkat perkembangan akseptor didik, baik perkembangan secara sosial, kepribadian, kognitif, emosional, sampai fisik
- pembelajaran diarahkan pada pekembangan tiga ranah afektif, kognitif, dan psikomor secara holistik (menyeluruh) dan menyatu (tidak dapat dipisahkan satu sama lain)
- pembelajaran akan membentuk akseptor didik dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang utuh sehingga menghasilkan langsung (insan) yang berkualitas.
Prinsip-Prinsip Pembelajaran yang Sesuai dengan Standar Proses untuk Implementasi Kurikulum 2013
Download Panduan Penilaian Kurikulum 2013 (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK) terbaru Edisi Desember 2015
Sumber http://novehasanah.blogspot.com/
Posting Komentar untuk "Karakteristik Pembelajaran Pada Kurikulum 2013"