Komponen-Komponen Rpp Berdasarkan Kurikulum 2013
Pengertian atau Definisi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Menurut Kurikulum 2013
RPP ialah kependekan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, yaitu rencana aktivitas pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP pada Kurikulum 2013 harus dikembangkan dengan beracuan pada silabus. RPP dikembangkan oleh guru atau kelompok guru dengan tujuan untuk mengarahkan aktivitas pembelajaran yang diberikan kepada setiap akseptor didik sehingga mereka akan sanggup mencapai Kompetensi Dasar (KD).Semua guru atau pendidik pada sekolah atau satuan pendidikan harus melaksanakan penyusunan RPP ini dengan lengkap dan sistematis. Dengan RPP yang lengkap dan sistematis ini maka diperlukan pembelajaran yang dilaksanakannya sanggup berjalan dengan interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi akseptor didik untuk berpartisipasi aktif, serta menunjukkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis akseptor didik.
komponen RPP berdasarkan kurikulum 2013 |
Komponen-Komponen Penting RPP Menurut Kurikulum 2013
RPP dikembangkan berdasarkan Kompetensi Dasar (KD) atau subtema yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Sebuah RPP harus memuat komponen-komponen penting di dalamnya. Adapun komponen RPP yang penting dimaksud di atas adalah:- Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan
- Identitas Mata Pelajaran atau Tema/Subtema;
- Kelas/Semester;
- Materi Pokok;
- Alokasi Waktu, yang ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban mencar ilmu dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
- Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
- Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
- Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
- Metode Pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran supaya akseptor didik mencapai KD yang diubahsuaikan dengan karakteristik akseptor didik dan KD yang akan dicapai;
- Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan bahan pelajaran;
- Sumber Belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber mencar ilmu lain yang relevan;
- Langkah-Langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
- Penilaian Hasil Pembelajaran.
Karakteristik Pembelajaran Menurut Kurikulum 2013
Standar Proses yang Sesuai dengan Kurikulum 2013
Posting Komentar untuk "Komponen-Komponen Rpp Berdasarkan Kurikulum 2013"