Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode-Metode Dalam Psikologi Pendidikan

Metode-Metode dalam Psikologi Pendidikan

Psikologi pendidikan yaitu cabang penting dalam ilmu jiwa (psikologi) yang membahas dan meneliti perihal bagaimana psikologi ditinjau dari sisi seorang pembelajar atau akseptor didik. Pada kajian psikologi pendidikan para andal psikologi pendidikan dan juga praktisi pendidikan memakai banyak sekali metode. Beberapa metode itu adalah:
  • Observasi
  • Tes
  • Eksperimen
  • Kuisioner atau Angket
  • Studi Kasus
  • Metode Klinis
  • Proyeksi
  • Introspeksi

Baca Juga: Mengapa Guru Harus Paham Psikologi Pendidikan?
 Psikologi pendidikan yaitu cabang penting dalam ilmu jiwa  Metode-Metode dalam Psikologi Pendidikan
Metode-Metode dalam Psikologi Pendidikan


Observasi

Observasi bahasa lainnya yaitu pengamatan. Pengamatan ini biasanya dilakukan pada seorang akseptor didik atau sekelompok akseptor didik dengan cara yang sistematis.

Tes

Pada sebuah penelitian di dalam dunia pendidikan seringkali melibatkan metode tes. Pada metode ini diajukan banyak sekali pertanyaan yang telah dirancang untuk dijawab oleh akseptor didik yang akan diamati kondisi psikologisnya. Tes dilakukan dengan kaidah-kaidah tertentu. Biasanya tes dimanfaatkan untuk keperluan praktis.

Eksperimen

Pada suatu rentang waktu tertentu sanggup dilakukan eksperimen untuk mengumpulkan data. Pemberian perlakuan-perlakuan pada akseptor didik atau siswa kemudian diamati hasilnya. Apakah sesuai dengan yang dibutuhkan atau belum. Perlakuan mana yang menjadi perlakuan terbaik atau paling efektif akan menjadi hasil final dari sebuah eksperimen. Pengolahan data eksperimen biasanya dilakukan dengan statistik atau analisis kuantitatif. Dengan demikian, hasil penenlitian melalui eksperimen ini biasanya lebih akurat ketimbang metode-metode lainnya.

Kuisioner atau angket

Angket yaitu suatu instrumen pengumpul data. Bentuknya biasanya berupa kumpulan-kumpulan pertanyaan yang telah dirancang oleh peneliti psikologi pendidikan sesuai dengan tujuan penelitian. Daftar pertanyaan yang tertulis pada kuisioner biasanya diserahkan kepada akseptor didik untuk dijawab mereka. Sebenarnya kuisioner menyerupai dengan wawancara atau intervieu hanya saja pada wawancara pertanyaan berurutan diberikan secara lisan.

Studi Kasus

Studi kasus yaitu metode yang dipakai dalam psikologi pendidikan di mana dilakukan suatu studi atau penyelidikan  pada seorang anak didik atau siswa. Penyelidikan ini dilakukan untuk mengetahui latar belakang akseptor didik tersebut, baik berupa latar belakang ekonomi, sosial, budaya, fisik, dan mental. Studi kasus mungkin memerlukan waktu dan tenaga yang lebih besar untuk memperoleh data yang akurat. Bisa jadi hingga bertahun-tahun. Hal yang sanggup dilakukan yaitu dengan melihat dan memeriksa catatan-catatan perkembangan pada seorang anak didik yang ingin diteliti atau dipahami kondisi psikologisnya.

Metode Klinis

Metode klinis merupakan suatu metode yang juga sangat sering dipakai dalam psikologi pendidikan. Metode klinis dilakukan dengan menyelidi sikap seorang akseptor didik yang banyak melaksanakan sikap menyimpang yang sanggup membuatnya kesulitan berguru atau menghambat perkembangan belajarnya.

Proyeksi

Proyeksi yaitu suatu metode di mana penelitian terhadap seorang anak didik dengan memperlihatkan gambar-gambar atau tulisan-tulisan atau bentuk khas menyerupai game sehingga balasan terhadap gambar-gambar atau tulisan-tulisan dan game itu sanggup diterjemahkan untuk memproyeksikan sikap yang ditunjukkan oleh akseptor didik.

Instrospeksi

Ini yaitu metode yang bergotong-royong cukup rumit untuk diterapkan, di mana para ahlu psikologi atau praktisi pendidikan melaksanakan introspeksi atau pengamatan terhadap apa yang terjadi di dalam dirinya sendiri.

Demikia beberapa metode yang biasa dipakai di dalam penerapan dan pengembangan psikologi pendidikan.

Artikel lainnya:
Teori-Teori Pembelajaran Tingkah Laku (Behavioristik)
Otak dan Hubungannya dengan Perkembangan Psikologis
Sumber http://novehasanah.blogspot.com/

Posting Komentar untuk "Metode-Metode Dalam Psikologi Pendidikan"