Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Implementasi Pendidikan Huruf Disekolah Berdasarkan Fatwa Kemendiknas

Salam, tak henti-hentinya selalu berharap agar pendidikan kita ini menjadi lebih baik lagi kedepan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang  Implementasi Pendidikan Karakter Sekolah berdasarkan Pedoman Kemendiknas. Memang tidak sanggup dipungkiri bahwa huruf yang baik adalah  modal dan aset suatu bangsa, dengan huruf yang baik sanggup membangun bangsa ini kearah yang lebih baik lagi akan tetapi bila huruf kita buruk akan merusak bangsa kita ini, sudah banyak misalnya korupsi dimana-mana, praktek perjinahan dan lain-lainnya, sungguh bmiris sekali, kita sungguh mengalami krisis moral. Untuk itu perlu adanya pendidikan huruf ini untuk mengatasi masalah-masalah akhlak itu sendiri yang kita kenal dikala ini dalam dunia pendidikan yakni kurikulum 2013 yang berbasis karakter.

 
Langsung saja kita bahas Implementasi Pendidikan Karakter Sekolah berdasarkan Pedoman Kemendiknas. Proses implementasi atau pelaksanaan  terintegrasi ke dalam mata pelajaran, pengembangan diri dan budaya sekolah. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional telah melaksanakan banyak sekali upaya dalam menanamkan nilai-nilai huruf disekolah. Salah satunya ialah dengan membuat buku pedoman sekolah yang dikeluarkan oleh Kemendiknas.


Implementasi pendidikan huruf dalam lingkup pendidikan tidak terlepas dari aspek kurikulum, pembelajaran, dan iklim/budaya sekolah. Oleh alasannya ialah itu,pertanyaan dasar yang harus dijawab dalam hal ini adalah: (1) bagaimanakah mengintegrasikan huruf dalam kurikulum sekolah, dan (2) bagaimana membuat seni administrasi yang mendukung implementasi integrasi huruf dalam pembelajaran, (3) bagaimanakah membuat iklim dan budaya sekolah dalam mendukung integrasi huruf dalam proses pendidikan (Wagiran, 2011:197).

Guna meningkatkan kesesuaian dan mutu pendidikan karakter, Kemendiknas membuatkan grand design  pendidikan huruf untuk setiap jalur, jenjang, dan jenis satuan pendidikan. Alur pikir pembangunan huruf bangsa berdasarkan Kemendiknas sanggup dilihat pada gambar dibawah ini Alur Pikir Pembangunan Karakter Bangsa (Sumber: Kemendiknas, 2011:2) . 

 
Berdasarkan grand design tersebut, pendidikan merupakan salah satu seni administrasi dasar dari pembangunan huruf bangsa yang dalam pelaksanaaannya dilakukan dengan beberapa strategi. Strategi pendidikan huruf sanggup diterapkan melalui sosialisasi, pendidikan, pemberdayaan, pembudayaan dan kerja sama. Secara psikologis dan kultural pembentukan huruf dalam diri individu merupakan fungsi dari seluruh potensi individu, baik dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotor dalam konteks interaksi sosial kultural: dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat yang sifatnya berlangsung sepanjang hayat. 

Menurut Sudrajat (2011:16), jadwal pelaksanaan budaya sekolah berbasis huruf ini sanggup diterapkan dan diorganisasikan dilingkungan sekolah dengan memakai seni administrasi pemodelan (modeling), pengajaran (teaching), dan penguatan lingkungan (reinforcing). Bentuk dari seni administrasi pemodelan dan penguatan lingkungan sanggup dituangkan dalam budaya sekolah yang berbasis huruf terpuji. 

Pelaksanaan pendidikan di satuan pendidikan perlu melibatan seluruh warga sekolah, orang renta siswa dan masyarakat. Secara garis besar berdasarkan pedoman sekolah yang dikeluarkan Kemendiknas implementasi nilai-nilai pendidikan huruf di sekolah melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian (Kemendiknas, 2011:18) 

Agar implementasi nilai-nilai pendidikan huruf di sekolah sanggup berjalan dengan baik, maka hal yang harus dilakukan, diantaranya: (1) teladan dari guru, kepala sekolah, dan pemangku kebijakan sekolah; (2) pendidikan huruf dilaksanakan secar konsisten dan secara terus menerus; dan (3) penanaman nilainilai huruf yang utama. Nilai-nilai pendidikan huruf juga harus diterapkan lewat kebiasaan kehidupan sehari hari disekolah melalui budaya sekolah (Pedoman Depdiknas,2011:15-20). 


Menurut pedoman sekolah yang dikeluarkan oleh Kemendiknas, proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter  di sekolah sanggup dilakukan melalui:
a. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 
b. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran 
c. Budaya Sekolah 

Demikian Pembahasan ihwal Implementasi Pendidikan Karakter Sekolah berdasarkan Pedoman Kemendiknas, terimakasih agar bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Posting Komentar untuk "Implementasi Pendidikan Huruf Disekolah Berdasarkan Fatwa Kemendiknas"