Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebutuhan Dasar Siswa Dan Pendidikan Yang Adaptif

Luc Stevens ialah seorang profesor dari Belanda yang pertama kali mengemukakan konsep pendidikan yang adaftif untuk siswa. Konsep ini sangat anggun sekali untuk diterapkan, lantaran intinya siswa membutuhkan kemampuan untuk menangani dunia yang ada di sekitarnya dengan baik. Siswa harus mempunyai kemampuan mengatasi majemuk perkara dalam kehidupannya dan bisa menjalankan tugas-tugasnya dengan baik. Oleh alasannya ialah itu mereka membutuhkan 3 hal berikut yang harus diperolehnya melalui pendidikan yang ditempuhnya. Ketiga hal tersebut adalah: (1) kompetensi; (2) autonomi; dan (3) kekerabatan yang baik.

Luc Stevens ialah seorang profesor dari Belanda yang pertama kali mengemukakan konsep pen Kebutuhan Dasar Siswa dan Pendidikan yang Adaptif
3 Kebutuhan Dasar Siswa, akan terpenuhi dengan Pendidikan yang Adaptif

Ketiga kebutuhan dasar siswa yang disebutkan di atas harus diperhatikan dalam pembelajaran di kelas sehingga membentuk iklim yang sesuai untuk pendidikan adaptif. Lalu, apakah yang dimaksud dengan kompetensi, autonomi dan kekerabatan yang baik yang merupakan kebutuhan dasar siswa itu?

Kompetensi

Profesor Luc Stevens menyatakan bahwa yang dimaksud kompetensi sebagai satu dari tiga kebutuhan dasar siswa ialah menciptakan siswa merasa kompeten dalam melaksanakan sesuatu, mereka bisa menuntaskan kiprah yang diberikan, bisa dan selalu ingin mempelajari sesuatu yang baru, selalu tergugah untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki pada situasi-situasi yang gres dan berbeda, dan percaya diri bahwa siswa merasa bisa untuk mencapai suatu tujuan.

Autonomi

Autonomi di dalam pendidikan adaptif maksudnya siswa bisa dalam mengambil keputusannya sendiri, kemudian bisa memikul tanggung jawabnya, ingin menjadi "seseorang", dan berprinsip bahwa menjadi "seseorang" itu sangat penting. Indipenden dan bebsa dari efek orang lain, berdikari sebagai seorang siswa dan tidak bergantung pada orang dewasa.

Hubungan yang Baik

Kebutuhan dasar siswa yang dimaksud dengan mempunyai kekerabatan yang baik ialah dalam kaitan kekerabatan dengan komunitas di mana ia berada. Hal ini ditunjukkan dengan keadaan di mana siswa merasa nyaman di kelas dan nyaman dengan gurunya, mempunyai hubungan-hubungan yang baik dengan siswa-siswa lain di kelas atau sekolahnya dan juga guru-guru, mereka merasa sebagai bab dari suatu kelompok, bab dari kelasnya, bab dari sekolahnya, dan mereka merasa kondusif berada di dalamnya.

Baca Juga:
Cara Memotivasi Siswa Belajar 
Cara Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa 
Cara Mengatasi Masalah Disiplin Siswa 
Suasana Kelas pada Model Pembelajaran Berbasis Proyek
Sumber http://novehasanah.blogspot.com/

Posting Komentar untuk "Kebutuhan Dasar Siswa Dan Pendidikan Yang Adaptif"