Ciri-Ciri Atau Karakteristik Media Pembelajaran, Kelebihan Dan Kekurangan Media Pembelajaran
Salam, pada kesempatan nkali ini saya akan membahas wacana Ciri-ciri atau Karakteristik Media Pembelajaran, Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran. Semoga kedepannya pendidikan kita akan lebih baik lagi lantaran begitu pentingnya pendidikan, pendidikan yaitu pembangunan jangka panjang semoga kita menjadi bangsa yang lebih baik lagi kedepannya. Dengan pendidikan yang baik dari segi segalanya baik guru mapun lainnya maka kualitas pendidikan kita juga akan lebih baik.
Sebelum kita bahas lebih jauh wacana Ciri-ciri atau Karakteristik Media Pembelajaran, Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran. kita bahas dulu apa itu media pembelajaran? Media yaitu bentuk jamak dari medium yang berasal dari bahasa latin "medius" yang berarti tengah. Dalam bahasa Indonesia kata medium diartikan sebagai “antara’ atau “sedang” (Latuheru, 1988: 14). Pengertian media pembelajaran berdasarkan Latuheru (1988: 14) media pembelajaran yaitu semua alat (bantu) atau benda yang dipakai untuk acara berguru mengajar, dengan maksud memberikan pesan (informasi) pembelajaran dari sumber (guru maupun sumber lain) kepada akseptor (dalam hal ini anak didik atau warga belajar). Berdasarkan pendapat mahir tersebut sanggup disimpulkan bahwa media pembelajaran alat bantu untuk memberikan pesan dari sumber kepada penerima.
Sadiman (2008: 7) menjelaskan media pembelajaran yaitu segala sesuatu yang sanggup dipakai untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke akseptor pesan. Dalam hal ini yaitu proses merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sehingga proses berguru sanggup terjalin. Berdasarkan pernyataan tersebut sanggup disimpulkan bahwa media pembelajaran yaitu alat bantu yang dipakai oleh guru sebagai alat bantu mengajar. Dalam interaksi pembelajaran, guru memberikan pesan fatwa berupa bahan pembelajaran kepada siswa.
Selanjutnya Schramm (dalam Putri, 2011: 20) media pembelajaran yaitu teknologi pembawa pesan yang sanggup dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Kaprikornus media pembelajaran yaitu alat bantu yang sanggup dipakai untuk pembelajaran.
(Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2006: 136) Sedangkan pengertian lain media yaitu alat bantu apa saja yang sanggup dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan pembelajaran.
Berdasarkan beberapa pendapat di atas, sanggup disimpulkan pengertian media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar untuk memberikan bahan semoga pesan lebih gampang diterima dan menyebabkan siswa lebih termotivasi dan aktif.
Ciri-ciri Media Pembelajaran
Gerlach dan Elly (1971) mengemukakan tiga ciri media yang merupakan petunjuk mengapa media dipakai dan apa-apa saja yang dilakukan oleh media yang mungkin guru tidak bisa (atau kurang efisien) melakukannya sanggup dipakai oleh guru dalam acara berguru mengajar, yaitu (Azhar Arsyad, 2007: 11-14):
a. Ciri Fiksatif (Fixative Property)
Ciri Media Pembelajaran ini menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi suatu insiden atau obyek. Dengan cirri fiksatif ini media memungkinkan suatu rekaman insiden atau obyek yang terjadi pada suatu waktu tertentu ditransformasikan tanpa mengenal waktu. Ciri ini amat penting bagi guru lantaran kejadian-kejadian atau obyek yang telah direkam atau disimpan dengan format media yang ada sanggup dipakai setiap saat, insiden yang kejadiannya hanya sekali (dalam satu dekade atau satu abad) sanggup diabadikan dan disusun kembali untuk keperluan mengajar.
Prosedur laboratorium yang rumit sanggup direkam dan diatur untuk kemudian direproduksi berapa kali pun pada ketika diperlukan. Demikian pula acara siswa sanggup direkam untuk kemudian dianalisis dan dikritik oleh siswa sejawat baik secara perorangan maupun secara kelompok.
b. Ciri Manipulatif (Manipulatif Property)
Ciri Media Pembelajaran Manipulatif yaitu Transformasi merupakan suatu insiden atau obyek dimungkinkan lantaran media mempunyai ciri manipulatif. Kejadian yang memakan waktu usang sanggup disajikan kepada siswa dalam waktu dua atau tiga menit. Disamping sanggup dipercepat suatu insiden sanggup diperlambat pada ketika penayangan kembali hasil suatu rekaman video.
c. Ciri Distributif (Distributif Property)
Ciri Media Pembelajaran distributif yaitu suatu media memungkinkan suatu obyek atau insiden ditransformasikan melalui ruang dan secara bersamaan insiden tersebut disajika kedalam sejumlah besar siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai insiden itu. Sekali transformasi direkam dalam format media apa saja ia sanggup diproduksi beberapa kali dan siap dipakai berulangulang.
Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menentukan media, antara lain: tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, ketepatgunaan, kondisi siswa, ketersediaan perangkat keras (hardware), mutu teknis dan biaya. Oleh alasannya yaitu itu, Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran sebagai pertimbangan yang perlu diperhatikan antara lain (Asnawir dan M. Basyiruddin Usman, 2002: 15-16):
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menentukan media, antara lain: tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, ketepatgunaan, kondisi siswa, ketersediaan perangkat keras (hardware), mutu teknis dan biaya. Oleh alasannya yaitu itu, Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran sebagai pertimbangan yang perlu diperhatikan antara lain (Asnawir dan M. Basyiruddin Usman, 2002: 15-16):
a. Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran yang dipilih hendaknya selaras dan menunjang tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
b. Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran dari segi aspek bahan menjadi pertimbangan yang dianggap penting dalam menentukan media. Sesuai atau tidaknya antara bahan dengan media yang dipakai akan berdampak pada hasil pembelajaran siswa.
c. Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran yakni kondisi audien (siswa) dari segi subjek berguru menjadi perhatian yang serius bagi guru dalam menentukan media yang sesuai dengan kondisi anak. Faktor umur, intelegensi, latar belakang pendidikan, budaya, dan lingkungan anak menjadi titik perhatian dan pertimbangan dalam menentukan media pengajaran.
d. Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran selanjutnmya yakni ketersediaan media disekolah atau memungkinkan bagi guru mendesain sendiri media yang akan dipakai merupakan hal yang perlu menjadi pertimbangan seorang guru.
e. Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran yakni media yang dipilih seharusnya sanggup menjelaskan apa yang akan disampaikan kepada audien (siswa) secara sempurna dan berhasil guna, dengan kata lain tujuan yang ditetapkan sanggup dicapai secara optimal.
f. Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran terakhir yakni biaya yang akan dikeluarkan dalam pemanfaatan media harus seimbang dengan hasil yang akan dicapai. Pemanfaatan media yang sederhana mungkin lebih menguntungkan dari pada memakai media yang canggih (teknologi tinggi) bilamana hasil yang dicapai tidak sebanding dengan dana yang dikeluarkan.
Baca juga: Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran
Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran
Dibawah ini terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan media pembelajaran ibarat media audio, media visual, dan juga media audio visual. Antara lain:
a. Kelebihan dan kekurangan media pembelajaran audio.
1 Kelebihan media pembelajaran audio yaitu siswa akan sanggup lebih fokus, lantaran tersebut akan di tuntut untuk sanggup lebih peka terhadap pendengarannya, sehingga kemampuan mendengarkan pada siswa tersebut pun sanggup lebih terasah.
2 Kekurangan media pembelajaran audio yaitu hanya akan mengasah kemampuan mendengar dari siswa saja dan tidak akan membantu mengasah inder lainnya ibarat indera peraba dan juga indera penglihatan. Dan tentu saja media tersebut akan mempunyai batasan terutama pada siswa yang mempunyai sebuah permasalahan ibarat tuna rungu.
b. Kelebihan dan kekurangan media pembelajaran visual
1. Kelebihan media pembelajaran visual yang pertama yaitu sudah tentu pada mudahnya obyek yang akan diterima oleh siswa ketika sedang di ajarkan serta dijelaskan oleh guru dalam proses pembelajarannya.
2. Kekurangan media pembelajaran visual yaitu hanya akan mengasah kemampuan pada indera penglihatannya saja, sehingga para siswa tersebut pun tidak sanggup mengasah telinga dan juga indera perabanya. Dan tentu saja akan terbatas bagi mereka yang mempunyai permasalahan pada indera penglihatannya.
c. Kelebihan dan kekurangan media pembelajaran audio visual
1. Kelebihan media pembelajaran audio visual tersebut yaitu sanggup meliputi dari semua aspek indera penglihatan, indera pendengar, dan juga indera peraba, sehingga kemampuan dari seluruh indera pada siswa sanggup lebih terasah dengan baik lantaran dijalankan secara bersamaan dan seimbang.
2. Kelemahan media pembelajaran audio visual yaitu terletak pada keterbatasan biaya yang akan dikeluarkan, serta penerapannya yang akan meliputi dari seluruh aspek tersebut.
Sekian pembahasan mengenai ciri-ciri, kriteria dan kekurangan dan kelebihan media pembelajaran, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda...
Posting Komentar untuk "Ciri-Ciri Atau Karakteristik Media Pembelajaran, Kelebihan Dan Kekurangan Media Pembelajaran"