Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Media Pembelajaran Dan Manfaat Media Pembelajaran

Salam, semoga kita semua menjadi orang yang lebih baik kedepan, dan juga pendidikan kita menjadi lebih baik lagi kedepan, sebagai pendidik maupun calon pendidik kita dituntut untuk menjadi orang yang profesional, dan juga dalam bidangnya masing- masing tidak hanya dalam dunia pendidikan saja dalam bidang lain juga kita dituntut untuk mempunyai perilaku profesional, akan tetapi dalam dunia pendidikan memang kita harus mempunyai perilaku profesional alasannya kita akan mencetak anak- anak bangsa. Pada kesempatan kali ini akan membahas perihal Fungsi media pembelajaran dan Manfaat media pembelajaran.

Sebelum kita bahas Media pembelajaran lebih jauh kita bahas terlebih dahulu apa itu media pembelajaran? Media yakni bentuk jamak dari medium yang berasal dari bahasa latin "medius" yang berarti tengah.  Dalam bahasa Indonesia kata medium diartikan sebagai “antara’ atau “sedang” (Latuheru, 1988: 14). Pengertian media pembelajaran berdasarkan Latuheru (1988: 14) media pembelajaran yakni semua alat (bantu) atau benda yang dipakai untuk kegiatan berguru mengajar, dengan maksud memberikan pesan (informasi) pembelajaran dari sumber (guru maupun sumber lain) kepada peserta (dalam hal ini anak didik atau warga belajar). Berdasarkan  pendapat andal tersebut sanggup disimpulkan bahwa media pembelajaran alat bantu untuk memberikan pesan dari sumber kepada penerima. 

Sadiman (2008: 7) menjelaskan media pembelajaran yakni segala sesuatu yang sanggup dipakai untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke peserta pesan. Dalam hal ini yakni proses merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sehingga proses berguru sanggup terjalin. Berdasarkan  pernyataan tersebut sanggup disimpulkan bahwa media pembelajaran yakni alat bantu yang dipakai oleh guru sebagai alat bantu mengajar. Dalam interaksi pembelajaran, guru memberikan pesan pedoman berupa materi pembelajaran kepada siswa. 

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, sanggup disimpulkan pengertian  media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar untuk memberikan materi semoga pesan lebih gampang diterima dan menimbulkan siswa lebih termotivasi dan aktif. 


Fungsi Media Pembelajaran
Sudrajat (dalam Putri, 2011: 20)  mengemukakan fungsi media diantaranya yaitu: 

a) media pembelajaran sanggup mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para siswa
b) media pembelajaran sanggup melampaui batasan ruang kelas
c) media pembelajaran memungkinkan adanya interaksi eksklusif antara siswa dengan lingkungan
d) media menghasilkan keseragaman pengamatan
e) media sanggup menanamkan konsep dasar yang benar, kongkrit , dan realistis
f) media membangkitkan motivasi dan merangsang anak untuk berguru
g) media memperlihatkan pengalaman yang integral/menyeluruh dari yang kongkrit hingga dengan abstrak.

Fungsi media pembelajaran yang dipaparkan oleh Sudrajat tersebut sanggup disimpulkan bahwa media pembelajaran berfungsi untuk  membantu mengatasi kendala yang terjadi ketika pembelajaran didalam kelas. 

Hamalik (dalam Arsyad, 2002: 15) mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses berguru mengajar sanggup membangkitkan impian dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembalajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada ketika itu. Di samping membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pembelajaran juga sanggup membantu siswa menigkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data dan memadatkan informasi. Paparan fungsi media pengajaran Hamalik di atas menekankan bahwa penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan berguru mengajar sanggup meningkatkan motivasi dan impian berguru siswa serta siswa sanggup tertarik dan lebih gampang memahami materi yang disampaikan. 

Derek Rowntree (dalam Rohani, 1997: 7-8) memaparkan media pembelajaran berfungsi membangkitkan motivasi belajar, mengulang apa yang telah dipelajari, menyediakan stimulus belajar, mengaktifkan respon peserta didik, memperlihatkan balikan dengan segera dan menggalakkan latihan yang serasi. Pendapat Derek Rowntree di atas perihal fungsi media pembelajaran sanggup diketahui bahwa media pembelajaran mempunyai fungsi untuk meningkatkan impian dan memperlihatkan rangsangan kepada siswa untuk belajar.

Media pembelajaran, berdasarkan Kemp dan Dayton (dalam Arsyad, 2002: 20-21) sanggup memenuhi tiga fungsi utama apabila media itu dipakai untuk perorangan, kelompok atau kelompok pendengar yang besar jumlahnya, yaitu:

a) Fungsi Media pembelajaran memotivasi minat dan tindakan yakni melahirkan minat dan merangsang para siswa atau pendengar untuk bertindak.
b) Fungsi Media pembelajaran menyajikan warta berfungsi sebagai pengantar ringkasan laporan, atau pengetahuan latar belakang.
c) Fungsi Media pembelajaran memberi arahan dimana warta yang terdapat dalam bentuk atau mental maupun dalam bentuk acara yang konkret sehingga pembelajaran sanggup terjadi.
 
Pendapat Kemp dan Dayton (dalam Arsyad, 2002: 20-21) perihal fungsi media pembelajaran menekankan bahwa media pembelajaran sanggup memperlihatkan motivasi dan merangsang siswa untuk belajar, memperlihatkan informasi, memperlihatkan arahan untuk menarik siswa semoga bertindak dalam suatu aktivitas. 

Berdasarkan beberapa paparan fungsi  media pembelajaran di atas, sanggup disimpulkan bahwa media pembelajaran sanggup meningkatkan motivasi, rangsangan dan mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan.


Manfaat Media Pembelajaran
Brown (1983:17) menyatakan bahwa “educational media of all types incresaingly important roles in enabling students to reap benefits from individualized learning”, semua jenis media pembelajaran akan terus meningkatkan tugas untuk memungkinkan siswa memperoleh manfaat dari pembelajaran yang berbeda. Menggunakan media pembelajarn secara efektif, akan membuat suatu proses berguru mengajar yang optimal. Pernyataan tersebut sanggup disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan salah satu bab penting dari proses pembelajaran. Media pembelajaran memperlihatkan manfaat dari pendidik maupun peserta didik.

Menurut Latuheru (1988: 23) Manfaat media pembelajaran yaitu:
1) Manfaat media pembelajaran menarik dan memperbesar perhatian bawah umur didik terhadap materi pengajaran yang disajikan. 
2) Manfaat media pembelajaran mengurangi, bahkan sanggup menghilangkan adanya verbalisme. 3) media pembelajaran mengatasi perbedaan pengalaman berguru berdasarkan latar belakang sosial ekonomi dari anak didik. 
4) Manfaat media pembelajaran membantu memperlihatkan pengalaman berguru yang sulit diperoleh dengan cara yang lain. 
5) Manfaat media pembelajaran sanggup mengatasi problem batas-batas ruang dan waktu. 
6) Manfaat media pembelajaran sanggup membantu perkembangan pikiran anak didik secara teratur perihal hal yang mereka alami. 
7) Manfaat media pembelajaran sanggup membantu anak didik dalam mengatasi hal yang sulit nampak dengan mata. 
8) Manfaat media pembelajaran sanggup menumbuhkan kemampuan berusaha sendiri berdasarkan pengalaman dan kenyataan.
9) Manfaat media pembelajaran sanggup mengatasi hal/peristiwa/kejadian yang sulit diikuti oleh indera mata. 
10) Manfaat media pembelajaran memungkinkan terjadinya kontak eksklusif antara anak didik, guru, dengan masyarakat, maupun dengan lingkungan alam di sekitar mereka.  Paparan perihal manfaat media oleh Latuheru sanggup disimpulkan bahwa media bermanfaat untuk mengatasi permasalan yang dialami guru dan siswa dalam pembelajaran.

Berdasarkan klarifikasi di atas, sanggup dikatakan bahwa manfaat media pembelajaran yakni membantu dalam penyampaian materi pengajaran kepada siswa untuk meningkatkan kualitas siswa yang aktif dan interaktif sehingga sanggup mendukung kelancaran kegiatan pembelajaran disekolah.

Sekian pembahasan mengenai fungsi dan manfaat media pembelajaran, semoga bisa menambah wawasan anda.



Posting Komentar untuk "Fungsi Media Pembelajaran Dan Manfaat Media Pembelajaran"